Tinjau Pabrik Alutsista, Prabowo Ingin Pastikan Kapasitas Industri Pertahanan Domestik

Riezky Maulana, iNews · Kamis 06 Agustus 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 337 2258005 tinjau-pabrik-alutsista-prabowo-ingin-pastikan-kapasitas-industri-pertahanan-domestik-RVRR01u0Qs.jpg Menhan Prabowo Subianto sambangi pabrik alutsista di Bekasi, Jawa Barat (Foto: Ist/Riezky Maulana)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke PT Tesco Indomaritim di Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kunjungan tersebut dilakukan Menhan kemarin, Rabu 5 Agustus 2020.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan (Kemhan) Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Menhan ingin melihat secara langsung kapasitas, kemampuan dan kesiapan industri pertahanan swasta, salah satunya adalah PT Tesco Indomaritim.

"Menhan ingin memastikan kapasitas Industri pertahanan domestik kita, untuk memperkuat pengembangan industri pertahanan (Inhan) dalam negeri, khususnya sektor swasta," ujar Dahnil saat dikonfirmasi, Kamis (6/8/2020).

Baca Juga: KSAD Terima Laporan Kelaikan 39 Helikopter Skadron-11 Serbu 

Lebih lanjut dia menuturkan, dalam tinjauan langsungnya, Prabowo meminta agar perusahaan tersebut tidak hanya menyiapkan kebutuhan dalam negeri. Namun, juga dapat bersaing dengan industri pertahanan luar negeri lainnya.

"Pak Prabowo mengunjungi untuk mendorong agar lebih ekspansif bukan hanya untuk kebutuhan dalam negeri, namun juga bisa bersaing dengan luar negeri," ucapnya.

Dahnil mengatakan, pemenuhan Alutsista TNI memprioritaskan produksi industri pertahanan dalam negeri. Prioritas itu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan, dalam upaya mewujudkan kemandirian industri pertahanan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Menhan berkesempatan berkeliling meninjau fasilitas produksi dan menerima penjelasan singkat beberapa produk kapal yang telah berhasil diproduksi PT Tesco Indomaritim," ujarnya.

Untuk diketahui, beberapa kapal pesanan dari TNI AD telah dikerjakan, yakni Kapal Cepat KMC Komando. Termasuk TNI AL seperti Landing Craft Vehicle Personel 12 Meter, Fast Patrol Boat 28 Meter, Landing Carrier Utilities 24 Meter, KAL 28 meter, RFIB dan kapal pesanan TNI panjang 38 meter.

Baca Juga: Melihat Sejumlah Pesawat Tempur Canggih yang Jadi Incaran Indonesia

Menhan Prabowo dalam kunjungan ini didampingi Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksdya TNI Amarulla Octavian, dan Wakasal Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono. Menhan disambut langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Tesco Indomaritim Jamin Basuki.

PT Tesco Indomaritim adalah perusahaan galangan kapal nasional mampu membuat kapal plat baja dan aluminium berkinerja tinggi yang ditenagai dengan sistem Waterjet atau sistem Propeller. PT Tesco Indomaritim selama ini juga turut serta memenuhi kebutuhan Alutsista TNI terkhusus kapal perang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini