Mendagri Ingin Pilkada 2020 Jadi Motivasi Cakada Fokus Hadapi Pandemi Covid-19

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 05 Agustus 2020 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 337 2257635 mendagri-ingin-pilkada-2020-jadi-motivasi-cakada-fokus-hadapi-pandemi-covid-19-BKAtG2wz5k.jpg Mendagri Tito Karnavian di Indramayu (Foto : Okezone.com/Fathnur)

INDRAMAYU - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut bila Pilkada 2020 bisa menjadi momentum bagi para calon kepala daerah (Cakada) untuk lebih melakukan upaya-upaya konkret dalam menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19) di daerahnya.

Menurut Tito, Pilkada 2020 bakal menjadi panggung pertarungan sengit yang akan dihadapi calon kepala daerah ataupun petahana.

Ia menilai, kepala daerah yang hendak mencalonkan diri kembali pada periode kedua, dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk lebih fokus lagi mengurus penanggulangan dan pencegahan Covid-19.

"Pilkada ini momentum untuk bisa membangunkan mesin daerah. Yang tadinya kurang mau, kurang mampu, dibikin mau dan mampu, ini pertarungan banyak kepala daerah, " kata Tito dalam sambutannya, saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8/2020).

Disampaikannya, Pilkada 2020 sangat berbeda dengan Pilkada yang sudah diadakan ditahun-tahun sebelumnya. Sebab, Pilkada 2020 dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi ini, sambung Tito, belum ada seorang pun yang bisa memprediksi kapan berakhirnya. Bahkan, badan kesehatan dunia yakni WHO saja memperkirakan, kalau pandemi Covid-19 ini akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

"Tidak ada yang bisa memprediksi kapan pandemi ini berakhir. WHO saja memperkirakan ini akan berlangsung lebih lama," ujar Tito.

Baca Juga : Suap & Gratifikasi Nurhadi, KPK & Hakim MA Diminta Patuhi SEMA 2002

Baca Juga : Gibran: Siapapun Lawannya Saya Siap Tempur

Tito ingin agar Pilkada 2020 bisa melahirkan gagasan baru. Khususnya konsep untuk melakukan penanganan pandemi Covid-19. Para calon kepala daerah dan petahana bisa beradu argumen dan ide soal tema tersebut. Sehingga pertarungan sengit pada Pilkada 2020 berjalan dengan sehat.

"Tema besarnya harus kita bangun bersama-sama. Peran kepala daerah dalam rangka penangan Covid-19 beserta dampak sosial ekonominya. Ini akan menjadi pertarungan yang sehat dalam Pilkada," ucap dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini