Presiden Ingin KPU Contoh Negara yang Sukses Gelar Pemilu saat Pandemi

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 05 Agustus 2020 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 337 2257160 presiden-ingin-kpu-contoh-negara-yang-sukses-gelar-pemilu-saat-pandemi-D751py5IZS.jpg Foto: Biro Setpres

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap partisipasi pemilih tetap berlangsung baik di Pilkada serentak 2020.

Kepala Negara ingin KPUD bisa meyakinkan masyarakat bahwa pemerintah sangat memperhatikan terhadap kesehatan masyarakat selama pelaksanaan Pilkada serentak 2020 tersebut.

"Sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman. Dan yang kita harapkan tingkat partispasi pemilih tetap pada kondisi yang baik," kata Jokowi dalam pengantarnya dalam ratas 'Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak' di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/6/2020).

Jokowi juga ingin KPUD bisa mencontoh negara lain yang dinilai sukses dalam menyelenggarakan Pemilu selama pandemi Covid-19. Negara-negara tersebut seperti Singapura, Jerman, Prancis, hingga Korea Selatan.

"Kemudian saya melihat beberapa negara juga telah menyelenggarakan Pemilu di masa pandemi ini. Baik pemilu lokal maupun pemilu nasional," tandasnya.

Pilkada serentak yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 ini akan digelar di 270 daerah. Bahkan, berdasarkan catatannya jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan sekitar 317 ribu.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini