KSAD: 32 Perwira Secapa AD yang Sembuh Covid-19 Donor Plasma Darah

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Selasa 04 Agustus 2020 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 337 2257046 ksad-32-perwira-secapa-ad-yang-sembuh-covid-19-donor-plasma-darah-hfuG5ZD50B.jpg KSAD Jenderal Andika Perkasa.(Foto : Ist)

JAKARTA – Sebanyak 32 perwira Secapa AD, Bandung, Jawa Barat yang sempat positif Covid-19 dan sembuh melakukan donor plasma darah di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa.

Andika mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan dukungan sarana dan prasarana baru untuk RSPAD. Dengan begitu pelayanan donor plasma darah dapat berfungsi lebih baik lagi dengan melayani 32 pendonor per harinya.

“TNI AD telah memberikan dukungan sarana dan prasarana baru untuk RSPAD terkait keperluan kegiatan donor plasma darah sehingga mampu melayani 32 pendonor per hari,” kata Andika dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Dalam proses pengambilan darah itu, para siswa Secapa AD secara sukarela melakukan donor plasma darah. Tujuannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Durasi pengambilan plasma darah ini kurang lebih satu jam mulai dari proses pencabutan selang sampai memberikan penutup pembuluh darah kami dan seterusnya. Kami sangat sukarela, setelah Bapak KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa menyampaikan itu, ternyata kami bisa berbagi dengan donor plasma darah,” ujar salah satu siswa Secapa Letda Infanteri M Sayfuddin.

Selain itu, Jenderal Andika Perkasa menambah beberapa alat transfusi darah guna memaksimalkan ketersediaan plasma convalescent.

“Bapak KSAD mengatakan akan memberikan dukungan kepada kami dengan memberikan beberapa alat. Kami mendapatkan dua, itu mahal sekali harganya, untuk memisahkan jadi begitu kita dapat satu kantong dipisahkan menjadi tiga kantong itu kita menggunakan alat itu,” kata Kasubintal Patologi Klinik RSPAD, Martina Lili Yana.

“Kemudian kita juga mendapatkan alat pemisah komponen darah dan bisa untuk penyimpanan kalau dihitung-hitung itu lebih dari Rp4 miliar,” tambahnya.

Dia menilai, momentum ini sangat tepat sekali sebab pada minggu lalu pihaknya banyak mendapat permintaan plasma darah, tapi saat itu stok kosong.

“Dengan donor plasma darah dari 32 orang perwira Secapa ini mudah-mudahan bisa membantu pasien Covid-19 dengan stadium berat,” katanya.

Sementara itu, saat ini, 1.120 prajurit Secapa AD dinyatakan sembuh dari corona. Sebelumnya, siswa positif corona di Secapa mencapai 1.308 orang.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini