Waspada, Ini 5 Kelompok Rentan Terpapar Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 03 Agustus 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 337 2256334 waspada-ini-5-kelompok-rentan-terpapar-covid-19-yuhKP7zaxT.jpg Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah (Foto: Ist)

JAKARTA - Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengungkapkan ada lima kelompok rentan terpapar Covid-19. 

“Jadi, kalau kita melihat dari literatur internasional, ada berapa kelompok rentan. Ini ada beberapa macam,” kata Dewi di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Pertama adalah kelompok usia lanjut/berumur di atas 60 tahun. “Kalau dari segi usia bisa melihat bahwa mereka yang mengalami infeksi Covid yang berusia lebih dari 60 tahun ke atas ini memiliki angka fatalitas tertinggi. Jadi, usia yang lebih lebih lanjut usia ini satu,” jelas Dewi.

Baca Juga: 18 Tenaga Medis RSUD 45 Kuningan Positif Virus Corona

Kedua adalah mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah. “Contohnya apa? Ini adalah mereka yang menderita HIV/AIDS, autoimun, ini mereka daya tahan tubuhnya sudah rendah,” kata Dewi.

Ketiga adalah memiliki penyakit penyerta. Dewi mengatakan, mereka yang memiliki kondisi penyerta yaitu kondisi yang sudah dimiliki sebelumnya. “Misalnya, gangguan ginjal, gangguan napas, gangguan jantung yang sudah dimiliki. Nah, ini dapat mengakibatkan fatalitas tinggi,” katanya.

Keempat adalah memiliki kelebihan berat badan serius di atas berat badan ideal (BMI). “Mereka yang memiliki kelebihan berat badan yang cukup tinggi, di mana BMI atau berat badan idealnya lebih dari 40,” kata Dewi.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Meninggal, Seluruh Fraksi PKS Jalani Swab Test

Kelima adalah kelompok ibu hamil. “Dan yang terakhir adalah kelompok ibu hamil,” ungkap Dewi.

Dewi pun mengatakan kelompok-kelompok ini dapat diartikan bahwa siapa pun bisa terpapar Covid-19. “Ini artinya apa? Ini bisa saja siapa pun termasuk ayah ibu kita, paman bibi kita, kakek nenek kita, yang mungkin memiliki kondisi penyerta atau usianya sudah lebih lanjut usia,” tegasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini