Polri Serahkan Djoko Tjandra ke Kejagung Malam Ini

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 31 Juli 2020 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 337 2255169 polri-serahkan-djoko-tjandra-ke-kejagung-malam-ini-Aiz7YJTSYf.jpg Djoko Tjandra. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bakal menyerahkan buronan kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra ke Kejaksaan Agung (Kejagung), malam ini. Bareskrim menyerahkan Kejagung untuk memproses hukum perkara Djoko Tjandra.

"Ya pukul 21.00 WIB eksekusi penyerahan Djoko Tjandra dari Bareskrim Polri ke Kejaksaan," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono melalui pesan singkatnya, Jumat (31/7/2020).

Kabareskrim Pimpin Langsung Penjemputan Djoko Tjandra

Djoko Tjandra dieksekusi tepat satu hari setelah ditangkap Polri. Djoko Tjandra ditangkap di Malaysia dan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis, 30 Juli 2020, malam.

Djoko Tjandra ditangkap tim khusus bentukan Kapolri yang dipimpin Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dan bekerja sama dengan Polis Diraja Malaysia.

Djoko Tjandra merupakan terdakwa kasus pengalihan hak yang mengakibatkan terjadinya pergantian kreditur (cessie) Bank Bali senilai Rp904 miliar yang ditangani Kejaksaan Agung.

Kejaksaan pernah menahan Joko Tjandra pada 29 September 1999 hingga Agustus 2000. Namun, hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan ia bebas dari tuntutan karena perbuatannya bukan pidana, melainkan perdata.

Kejaksaan mengajukan PK terhadap kasus Djoko ke Mahkamah Agung pada Oktober 2008. Majelis hakim memvonis Djoko Tjandra dua tahun penjara dan harus membayar Rp15 juta. Uang milik Joko di Bank Bali Rp546,166 miliar pun dirampas negara.

Baca Juga : Djoko Tjandra Berhasil Ditangkap, Ini Kata Kejagung

Dia juga sempat dikabarkan berada di Papua Nugini pada 2009. Lalu dalam beberapa waktu lalu, dikabarkan sudah di Indonesia hampir tiga bulan lamanya. Hingga akhirnya, Djoko Tjandra berhasil ditangkap pada Kamis, 30 Juli 2020, malam.

Baca Juga : Djoko Tjandra Ditangkap, Mahfud MD Minta Usut Oknum yang Terlibat

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini