Idul Adha 1441 H, Presiden Jokowi: Kita Harus Berkurban dengan Pertemuan Fisik

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 31 Juli 2020 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 337 2254922 idul-adha-1441-h-presiden-jokowi-kita-harus-berkorban-dengan-pertemuan-fisik-hD1pwsYLSd.jpg Presiden Joko Widodo (foto: Biro Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk berkurban, mengurangi pertemuan fisik saat Hari Raya Idul Adha 1441 H, lantaran masih dalam susana pandemi Covid-19.

"Idul Adha 2020 datang ketika kita sedang diuji dengan pandemi global Covid-19. Setiap kita harus berkurban dengan mengurangi pertemuan fisik dan perjalanan," kata Jokowi dikutip dari Facebook resminya, Jumat (31/7/2020).

Kepala Negara mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 menuntut agar setiap masyarakat bisa lebih peduli kepada sesama dan lebih dekat kepada keluarga.

"Di saat yang sama, kita dituntut untuk lebih peduli kepada sesama dan lebih mendekat kepada keluarga," lanjutnya.

"Semoga ujian pandemi ini segera berlalu," tambah dia.

Presiden Jokowi Sholat Idul Adha di Halaman Wisma Bayurini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep melaksanakan Sholat Idul Adha di halaman Wisma Bayurini, kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Bertindak selaku khatib dan imam dalam pelaksanaan salat Idul Adha Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, Muhammadun.

Muhammadun yang sehari-harinya bertugas sebagai anggota tim pengamanan internal Istana Kepresidenan Bogor juga menyampaikan khutbah dengan tema "Berkorban Ialah Pesan Kehidupan Nabi Ibrahim".

Dalam khotbahnya, Muhammadun menyampaikan pesan bahwa berkurban merupakan pesan yang didapat dari kehidupan Nabi Ibrahim. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu dari pesan dan ajaran Nabi Ibrahim tersebut.

Selain itu, khatib juga menganjurkan untuk terus menjalin silaturahmi di mana berkurban dalam hari raya Iduladha merupakan salah satu jalan untuk tetap menyambung tali silaturahmi tersebut.

"Dengan berkurban dan bersedekah kita bagikan daging kurban kepada fakir miskin, sanak saudara, tetangga, dan teman kerabat agar kita bisa sambung silaturahmi karena silaturahmi akan memperbanyak saudara, menambah rezeki, dan memperpanjang umur yang berkah," tuturnya.

Pelaksanaan salat dilakukan dengan menjaga jarak antarjamaah dan menjalankan protokol kesehatan lainnya secara ketat.

Tampak beberapa perangkat melekat turut serta dalam salat Idul Adha tersebut, antara lain Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Kolonel Inf. Achiruddin, Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudy Saladin, serta Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini