PBNU Imbau Anak-anak dan Orangtua Usia Lanjut Sholat Idul Adha di Rumah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 30 Juli 2020 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 337 2254581 pbnu-imbau-anak-anak-dan-orangtua-usia-lanjut-sholat-idul-adha-di-rumah-QHUu0rPnN4.jpg Pelaksaan sholat berjamaah di masjid menerapkan protokol kesehatan (foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua PBNU Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-Undangan Robikin Emhas menyampaikan bahwa umat Islam wajib menaati protokol kesehatan. Menurut dia, hal tersebut merupakan perintah agama dan ikhtiar dalam mencegah terinfeksi Covid-19.

PBNU, kata dia, mempersilahkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Adha untuk wilayah zona hijau dengan menerapkan protokol kesehatan. Pelaksanaan ibadah bisa dilakukan di masjid, tanah lapang, gedung, surau, musalah jika telah memenuhi syarat.

"Bagi masyarakat di zona hijau, wudhu dari rumah. Cuci tangan tangan dengan air mengalir kemudian wudhu. Datang ke tempat sholat sudah gunakan masker. Jangan ada seorang pun yang tidak pakai masker. Bawa alas sholat sendiri bisa sajadah, sarung dilipat atau alas sholat," kata Robikin dalam tayangan Youtube BNPB, Kamis (30/7/2020).

Robikin mengimbau warga yang berusia lanjut, anak-anak, hingga warga yang mempunyai penyakit bawaan untuk sholat Idul Adha dari rumah.

PBNU juga meminta masyarakat untuk tidak bergerombol dalam melaksanakan ibadah sholat Idul Adha. Selain itu, warga juga diminta tidak bersalaman dan menggantinya dengan saling berbungkuk badan atau meletakkan tangan di dada.

"PBNU memandang pandemi Covid-19 adakah satu keadaan yang harus kita respons dengan baik, bawa dampak nyata, terutama pada dampak kesehatan," tuturnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini