Cuaca Ekstrem Gunung Bromo, Suhu Minus 3 Derajat Celcius di Cemorolawang

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 337 2254371 cuaca-ekstrem-gunung-bromo-suhu-minus-3-derajat-celcius-di-cemorolawang-2VRVl9CBFw.jpg Cuaca ekstrem 3 derajat celcius di Gunung Bromo. Foto: Humas TNBTS

MALANG - Cuaca ekstrem sangat dingin melanda kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Bahkan dari laporan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) suhu dingin mencapai minus 3 derajat.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat membenarkan adanya informasi suhu ekstrem di gunung setinggi 2.329 mdpl ini.

"Cuaca di Gunung Bromo memang sangat dingin, informasinya di Cemorolawang itu sampai menyentuh minus 3 derajat," ungkap Sarif Hidayat kepda Okezone, Kamis pagi (30/7/2020).

Namun diakuinya fenomena frost atau embun upas yang menyerupai salju belum muncul, meski demikian bila melihat tanda-tanda yang terjadi di lapangan bisa saja nantinya akan muncul seperti tahun lalu.

Baca Juga: Tertutup untuk Wisatawan, Umat Hindu Gelar Ritual Yadya Kasada 2020 di Bromo

"Fenomena upas belum begitu terlihat, tapi tanda-tanda awalnya sudah mengarah kemungkinan akan muncul upas," ucapnya.

Salah satu titik yang kemungkinan akan muncul salju upas adalah di Cemorolawang dan Ranu Pani. "Sempat pada 26 Juli kemarin muncul, pagi menjelang subuh sampai jam 06.00 WIB," lanjutnya.

Ia menambahkan upas atau embun menyerupai salju ini akan mencair perlahan di atas pukul 09.00 WIB. Mengingat waktu tersebut terdapat kenaikan suhu dari minus menjadi kisaran 8 - 16 derajat.

"Kalau sudah pukul 09.00 WIB ke atas upas akan berubah cair. Itu seiring perubahan atau kenaikan suhu. Biasanya kalau siang mencapai 8 - 16 derajat," tukasnya.

Biasanya fenomena frost atau embun yang menyerupai salju ini menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo seperti tahun lalu. Namun kali ini berbeda, adanya pandemi Covid-19 membuat akses wisata ke Gunung Bromo ditutup oleh TNBTS, selaku pengelola lokasi wisata.

Baca Juga: KLHK Batasi Kunjungan Wisata Taman Nasional, Taman Wisata Alam dan Suaka Margasatwa 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini