Share

Jusuf Kalla Minta 800 Ribu Masjid Jalankan Protokol Kesehatan saat Sholat Idul Adha

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 30 Juli 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 337 2254336 jusuf-kalla-minta-800-ribu-masjid-jalankan-protokol-kesehatan-saat-sholat-idul-adha-jsx4ABsgPq.jpg Ketua DMI, Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla mengingatkan masyarakat dalam rangka merayakan Idul Adha, untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Hal itu dilakukan agar aman dan mencegah musibah yang lebih besar akibat pandemi Covid-19.

“Insya Allah besok kita akan merayakan hari raya Idul Adha, hari raya kurban, hari raya haji yang semuanya tentu mempunyai makna kepada kita semuanya. Bahwa dalam hidup ini dalam perjuangan ini selalu ada pengorbanan, pengorbanan yang penuh rasa keikhlasan akan memberikan manfaat,” kata JK sapaan akrabnya di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Hari raya Idul Adha ini, kata JK bertepatan dalam suasana waspada, suasana Covid-19, yang bisa menyebabkan musibah besar apabila tidak disiplin bagi siapapun penduduk dunia.

“Juga termasuk kita di Indonesia ini yang akan merayakan hari raya Idul Adha besok hari. Karena itu maka hari raya besok tentu kita rayakan dengan penuh disiplin. Tentu disiplin selalu ada pengorbanan dalam hal ketidaknyamanan dan sebagainya. Tapi itu hak mutlak dilakukan,” tegasnya.

Baca Juga: Menag: Petugas Kurban Bawa Alat Sendiri, Bagikan Daging ke Warga Terdampak Covid-19

JK pun menghimbau 800 ribu masjid dan musala yang akan melaksanakan sholat Idul Adha selalu menjalankan protokol kesehatan. “Sebanyak 800 ribu masjid dan mushola di Indonesia sebagian besar, saya katakan sebagian besar karena ada juga yang tentu karena kondisi tempat untuk Idul Adha. Masjid-masjid itu, maka tentu penuh dengan disiplin untuk mencegah musibah yang lebih besar.”

Karena itulah, tegas JK kedisiplinan untuk merayakan hari raya Idul Adha besok hari adalah sebuah kemutlakan. “Bahwa protokol kesehatan harus tetap menjadi pedoman untuk melaksanakan sholat Idul Adha. Jaga jarak masing-masing di masjid dan juga di lapangan-lapangan,” tegasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini