Cerita SPG Cantik Jajakan Kambing Kurban: Yang Penting Pelanggan Puas

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 29 Juli 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 337 2253895 cerita-spg-cantik-jajakan-kambing-kurban-yang-penting-pelanggan-puas-8bEDD4dGR7.jpg Sofi, SPG hewan kurban di Kota Malang. Foto: Avirista-Okezone

MALANG - Beragam cara dilakukan guna menarik pembeli hewan kurban, contohnya di Kota Malang, Jawa Timur, terdapat pedagang yang mengandalkan sales promotion girl atau SPG cantik agar jualannya laku pada momen jelah Idul Adha 1441 H.

Pantauan di lokasi, para SPG itu bertugas menawarkan kambing siap kurban kepada warga yang datang ke lapak di Jalan Raya Sulfat, Malang. SPG itu sudah mulai menjajakan kambing tersebut sejak pukul 10.00 WIB setiap harinya.

Seorang SPG yang bernama Bawon Sofiana mengungkapkan, ia telah menjadi sales kambing pada dua kali jelang Idul Adha. Yaitu jelang lebaran haji tahun lalu dan tahun ini.

"Sudah dua tahun ini ikut menjual kambing di sini. Ya kalau sehari-harinya bantu-bantu ibu," ujar perempuan yang akrab disapa Sofi ini saat ditemui Okezone, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga:  Pancing Pembeli, Pedagang Hewan Kurban Ini Pekerjakan SPG Cantik dan Seksi

Menurut Sofi, motivasinya ikut membantu menjajakan kambing supaya mendapat penghasilan tambahan saja. Keterbatasan ekonomi yang membuat ia tetap tegar menjual kambing-kambing milik Khusnul Khotimah. Terlebih sehari-harinya ia diasuh oleh Khusnul selaku pemilik kambing.

 

"Saya SMK tapi mundur, sekarang bantu-bantu ibu menjual kambing ini," ucap gadis cantik berusia 19 tahun ini.

Ia menambahkan selama berjualan, banyak suka dukanya, tak jarang dirinya harus mendapat cemoohan dari calon pembeli bila kurang puas atas layanan.

Baca Juga:  Ojek Kambing Merana di Tengah Pandemi Corona

"Kadang itu kan pembeli itu tanya-tanya banyak, ya harus sabar, harus dimengerti. Kita jelaskan secara sabar yang penting membuat pelanggan puas," tuturnya.

"Kalau (malu) dengan teman enggaklah, ya kita kan cari makan halal. Kalau nuruti gengsi buat apa, tambah gak bisa makan. Toh kita di sini tidak merugikan orang lain," imbuhnya.

Kini Sofi menjadi salah satu andalan orangtua asuhnya berjualan kambing, bersama beberapa SPG lain asal Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

"Kalau untuk berapa penghasilan adalah, yang penting cukup buat makan saja," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini