Tukang Jahit & Ketua RW Tantang Gibran di Pilkada Solo, Batal Lawan Kotak Kosong?

Septyantoro Aji Nugroho, iNews · Selasa 28 Juli 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 337 2253279 tukang-jahit-ketua-rw-tantang-gibran-di-pilkada-solo-batal-lawan-kotak-kosong-5e1pT5XWuI.jpg Pilkada Solo 2020. Foto: iNews

SOLO – Gibran Rakabuming Raka yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020 sepertinya bakal memiliki rival. Rival tersebut datang dari jalur independen.

Pasangan dari jalur independen, Bagyo Wahyono-Fx Supardjo alias Bajo sudah memenuhi perbaikan dokumen untuk maju ke perhelatan pesta demokrasi bertajuk Pilkada Solo 2020.

Setelah menyerahkan persyaratan, kini keduanya tengah menjalani verifikasi administrasi yang dilakukan oleh KPU Solo.

Untuk diketahui, pasangan Bagyo sehari-harinya berprofesi sebagai tukang jahit, sedangkan pasangannya yaitu Supardjo adalah ketua rw. Namun mereka berpotensi lolos sehingga bisa menjadi rival bagi Gibran Rakabuming Raka yang diusung PDIP.

Suryo Baruno dari Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Pemilu Kota Solo menjelaskan, KPU telah menerima persyaratan dokumen perbaikan dukungan bagi Bajo untuk maju sebagai kontestan Pilwalkot 2020 melalui jalur independen.

Baca Juga:  Gibran dan 7 Jagoan PDIP Berpotensi Lawan Kotak Kosong

Perbaikan dokumen 21.063 dukungan bagi calon perseorangan atau independen. Selanjutnya tahapan verifikasi administrasi yang berlangsung 27 Juli hingga 4 Agustus 2020.

“Dari jalur perseorangan, yaitu kami kemarin melakukan kegiatan penerimaan dokumen dukungan perbaikan dari pasangan calon Bagyo Wahyono-Fx Supardjo yaitu sejumlah 21.063 syarat dukungan,” ujar Suryo pada Selasa (28/7/2020).

Keikutsertaan Bajo dalam Pilkada Solo 2020 ini menjadi sejarah tersendiri, yaitu sebagai pasangan pertama dari jalur independen.

Sebelumnya dikabarkan Gibran Rakabuming Raka dan tujuh pasangan calon yang direkomendasikan PDIP dalam Pilkada Serentak 2020, berpotensi melawan kotak kosong. Meski demikian, PDIP masih menunggu dinamika politik karena pesta demokrasi itu masih akan berlangsung pada 9 Desember.

Baca Juga: PDIP Resmi Rekomendasikan Gibran Maju Pilwalkot Solo 2020, Pakar: Sudah Bisa Ditebak

“Beberapa kabupaten/kota yang sudah pasti lawan kotak kosong. Di antaranya adalah Kota Semarang, Grobogan, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Sragen, dan Sukoharjo," kata Sekretaris PDIP Jawa Tengah, Bambang Kusriyanto di DPD PDIP Jawa Tengah, Jumat (17/7/2020).

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini