Pandemi Covid-19, Presiden Ingatkan Menterinya soal Agenda Strategis Nasional

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 28 Juli 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 337 2253166 pandemi-covid-19-presiden-ingatkan-menterinya-soal-agenda-strategis-nasional-u6WxJ3GbIg.jpg Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar jajaran Kabinet Indonesia Maju tak melupakan agenda strategis nasional di tengah krisis yang diakibatkan pandemi Covid-19.

Kepala Negara ingin Indonesia bisa segera bebas sebagai negara middle income trap (negara berpendapatan menengah).

"Kita menghadapi situasi sulit. (Tapi) kita tidak boleh melupakan agenda-agenda besar, agenda strategis besar,"kata Jokowi dalam ratas 'Rancangan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2021', Selasa (28/7/2020).

"Terutama untuk bisa keluar dari middle income trap dan sejak Juli, 1 Juli 2020 Indonesia telah meraih predikat pada after middle income country. Kita tahu tantangan middle income trap masih besar dan panjang,"sambungnya.

Jokowi mengingatkan bahwa Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hanya berkontribusi 14,5% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Sehingga, ia mendorong agar belanja APBN digunakan untuk pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kita tahu bahwa APBN itu hanya berkontribusi kurang lebih 14,5 pada PDB negara kita. Oleh sebab itu ada krisis seperti ini belanja instruman jadi yang utama untuk daya ungkit tapi juga agar sektor swasta UMKM bisa pulih kembali,”urainya

”Mesin penggerak ekonomi ini harus diungkit, yang terarah dan tepat sasaran,"tutup Jokowi.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini