8 Provinsi Sumbang 74% Kasus Corona, Presiden Jokowi Minta Diprioritaskan

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 27 Juli 2020 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 337 2252563 8-provinsi-sumbang-74-kasus-corona-presiden-jokowi-minta-diprioritaskan-h4WrePVFcQ.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memberi perhatian khusus delapan daerah yang memiliki angka penularan virus corona tinggi. Pasalnya, daerah tersebut menyumbangkan 74 persen kasus positif secara nasional.

Hal tersebut dikatakan Jokowi dalam rapat virtual dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang disiarkan langsung dari Istana Merdeka, Jakarta.

"Saya ingatkan sekali lagi untuk memberikan perhatian memberikan prioritas penanganan di delapan provinsi. Delapan provinsi itu yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Papua," ujarnya, Senin (27/7/2020).

"Karena delapan provinsi ini berkontribusi 74 persen kasus positif yang ada di Indonesia," tambahnya.

Baca Juga: Kasus Corona Dunia Tinggi, Presiden Jokowi Minta Komite Kerja Keras

Jokowi menegaskan, target pemerintah untuk menangani corona sudah jelas, yakni menurunkan angka kematian serendah-rendahnya, meningkatkan angka kesembuhan setinggi-tingginya dan mengendalikan laju pertumbuhan kasus positif baru secara cepat.

"3T, testing, tracing, dan treatment betul-betul harus dilakukan secara masif dan lebih agresif," imbuhnya.

Menurut Jokowi, bila di lapangan masih ditemui kekurangan alat untuk menangani corona, maka diperlukan komunikasi yang efektif dengan para pihak terkait. Dengan demikian pandemi ini bisa ditangani dengan baik.

"Di lapangan jika masih ditemui peralatan tes mesin PCR kemudian kapasitas lab APD dan juga peralatan rumah sakit yang kekurangan segera selesaikan segera bereskan. Komunikasi yang efektif dengan rumah Sakit dengan masyarakat dengan daerah harus dilakukan seefektif mungkin," pungkasnya.

Baca Juga: Beri 3 Arahan ke Komite Covid-19, Presiden Jokowi: Jangan Sampai Aura Krisis Hilang!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini