Heboh Aliran 'Agama Muslim' di Solok, MUI: Dari Namanya Itu Menunjukan Sesat

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 27 Juli 2020 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 337 2252487 heboh-aliran-agama-muslim-di-solok-mui-dari-namanya-itu-menunjukan-sesat-7Vv3YGuI2f.jpg ilustrasi

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundang-undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ikhsan Abdullah menilai bahwa kepercayaan baru bernama 'Agama Muslim' di Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), merupakan aliran sesat.

"Dari namanya Agama Muslim itu sudah menunjulkan tidak benar, aliran ini jelas sesat," kata Ikhsan kepada Okezone, Jakarta, Senin (27/7/2020).

Menurut Ikhsan, kepada seluruh pengikut dan penganut aliran itu harus diberikan pembinaan dan pemahaman. Tujuannya agar kembali menjalankan syariat Islam yang benar.

"Dan pengikutnya wajib diberikan pembinaan dan bimbingan agar kembali kepada ajaran Islam yang benar," ujar Ikhsan.

Agar tak membuat gaduh dan melebar, Ikhsan meminta kepada aparat untuk turun tangan melakukan pencegahan terkait dengan aliran tersebut.

Baca Juga: MUI: Pengikut Aliran "Agama Muslim" Sudah Kembali Bersyahadat

"Maka Jaksa Agung Muda Intelejen diharapkan dapat lebih aktif lagi melakukan pengawasan aliran kepercayaan di masyarakat. Sehingga terdeteksi sejak dini," tutur Ikhsan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Solok, Ulfan Yustian Arif menjelaskan, awal mula informasi aliran baru tersebut dari informasi masyarakat pada April lalu.

Mulanya ada seorang warga di Kabupaten Solok yang ditawarkan saudaranya untuk belajar ajaran agama di Kota Padang. Ia kemudian belajar ke Kota Padang dengan seorang yang diduga penyebar utama aliran tersebut berinsial U.

"Dari informasi yang kami peroleh oknum yang jadi penyebar pertama di lokasi itu (Solok) sekitar pertengahan 2019 lalu di Kota Padang," kata Ulfan dalam iNews TV bertajuk 'Geger Agama Baru', Minggu 26 Juli.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini