Peristiwa 27 Juli: Pecahnya Kudatuli DPP PDIP

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 27 Juli 2020 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 337 2252485 peristiwa-27-juli-pecahnya-kudatuli-dpp-pdip-zUl9wQULTG.jpg ist

JAKARTA - Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi baik dalam maupun luar negeri yang terjadi pada tanggal 27 Juli tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah terjadinya kejadian Kudatuli di DPP PDIP

Untuk mengingat ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 27 Juli dari Wikipedia, antara lain:

1. Peristiwa Kudatuli di DPP PDIP

Peristiwa 27 Juli 1996, disebut sebagai Peristiwa Kudatuli atau kerusuhan dua puluh tujuh Juli atau Peristiwa Sabtu Kelabu.

Peristiwa pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jalan Diponegoro 58 Jakarta Pusat yang saat itu dikuasai pendukung Megawati Soekarnoputri.

Penyerbuan dilakukan oleh massa pendukung Soerjadi (Ketua Umum versi Kongres PDI di Medan) serta dibantu oleh aparat dari kepolisian dan TNI.

Peristiwa ini meluas menjadi kerusuhan di beberapa wilayah di Jakarta, khususnya di kawasan Jalan Diponegoro, Salemba, Kramat. Beberapa kendaraan dan gedung terbakar.

Pemerintah saat itu menuduh aktivis PRD sebagai penggerak kerusuhan. Pemerintah Orde Baru kemudian memburu dan menjebloskan para aktivis PRD ke penjara. Budiman Sudjatmiko mendapat hukuman terberat, yakni 13 tahun penjara.

2. Perang Korea berakhir

Pada 27 Juli 1953, salah satu peristiwa yang terjadi adalah perang Korea berakhir. Pasalnya Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, dan Korea Utara menandatangani persetujuan gencatan senjata.

Presiden Korea Selatan, Syngman Rhee, menolak menandatanganinya namun berjanji menghormati kesepakatan gencatan senjata tersebut.

3. Meninggalnya mantan PM Belanda

Petrus Jozef Sietse "Piet" de Jong lahir di Apeldoorn, Belanda, 3 April1915 dan meninggal di Den Haag, Belanda, 27 Juli 2016 pada umur 101 tahun.

Ia adalah seorang mantan politikus Belanda dari Partai Rakyat Katolik (KVP) yang sekarang bergabung ke dalam partai Christian Democratic Appeal (CDA). Ia menjabat sebagai Perdana Menteri Belanda dari 5 April 1967 sampai 6 Juli 1971.

4. Penemuan Insulin Hormon

Pada 27 1921 ,para peneliti di Universitas Torontoyang dipimpin biokimiawan Frederick Banting mengumumkan penemuan insulin hormon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini