Sapi Rp90 Juta untuk Kurban Presiden Jokowi, Beratnya Capai 1 Ton

Agregasi Solopos, · Sabtu 25 Juli 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 337 2251892 sapi-rp90-juta-untuk-kurban-presiden-jokowi-beratnya-capai-1-ton-DozdCIiRZv.jpg Sapi kurban Presiden Jokowi. Foto: Solopos

SRAGEN - Seekor sapi limosin seberat lebih dari 1 ton milik Widodo, peternak asal Dukuh Soko, Desa Tegalombo, Kecamatan Kalijambe, Sragen, dibeli seharga Rp90 juta untuk dijadikan hewan kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sapi tersebut kemudian dihibahkan ke Takmir Masjid Al Wustho Mangkunegaran sebagai hewan kurban yang akan disembelih saat Hari Raya Idul Adha1441 H tiba.

Sebelum dibeli Jokowi, sapi tersebut telah dirawat Widodo selama dua tahun. Saat kali pertama tiba di kandangnya, berat sapi limosin tersebut baru mencapai sekitar 800 kg.

Setelah dirawat selama dua tahun itu, bobotnya bertambah menjadi lebih dari 1 ton. “Sapi ini saya beri makan rumput kalanjana, tebon (daun dan batang tanaman jagung), jerami yang sudah difermentasi, konsentrat dan polar. Sehari bisa makan dua kali, pagi dan siang. Sehari bisa habiskan pakan 15-20 kg seharga sekitar Rp50.000. Bobot sapi ini terus naik di kisaran 1,5 kg hingga 2 kg/hari,” jelas Widodo kala ditemui wartawan di lapaknya kemarin, dikutip dari Solopos pada Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Gombloh Sapi Kurban Presiden Jokowi Akan Disembelih di Istana Yogyakarta 

Widodo menjelaskan sapi limosin yang dibeli Jokowi sudah dipastikan sehat. Dalam rangka menjaga kesehatan semua sapi peliharaannya, Widodo memang sudah menjalin kerja sama dengan seorang dokter hewan.

Belum lama ini, sapi yang dibeli Jokowi itu juga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan. Berdasar hasil laboratorium, sapi tersebut dipastikan negatif dari berbagai penyakit berbahaya.

Baca Juga: Mbah Gareng, Sapi 'Monster' yang Harganya Tembus Rp100 Juta

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini