Sisi Lain Achmad Yurianto: Pernah Cari Rezeki lewat Fotografi

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 24 Juli 2020 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 337 2251740 sisi-lain-achmad-yurianto-pernah-cari-rezeki-lewat-fotografi-UQTDUZg9fE.jpg Achmad Yurianto, saat masih menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona. (Foto : BNPB)

JAKARTA – Mantan Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, ternyata pernah mencari rezeki lewat dunia fotografi. Hal itu dilakukannya saat masih duduk di bangku kuliah.

“Sebenarnya enggak gemar sih, ya cari rezeki di situ. Foto, jual,” kata Yuri dalam podcast “Purna Tugas Jubir Covid-19” melalui kanal media sosial Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (24/7/2020).

Yuri mengatakan, dalam fotografi ada pasarnya. Ia mengambil foto landscape hingga portrait.

“Ada pasar. Jadi ada yang sudah landscape, ada momen portrait. Kalau landscape banyak di panorama. Kemudian kalau portrait lebih banyak pada ekspresi orang atau pada komposisi yang menarik pada sudut yang kecil,” katanya.

Ia pun ditanya kenapa tidak mencari pekerjaan lain untuk menghasilkan uang?

Kan kita bisa mengerjakannya dengan cara apa saja, dari tempat mana saja. Sehari 24 jam itu banyak,” tutur Yuri.

Ia mengaku juga tergabung dalam komunitas fotografi. “Kebetulan banyak teman di komunitas fotografi juga, kemudian kita juga sering sharing pengalaman. Kemudian kita meyakini bahwa foto yang bagus itu yang disenangi orang. Bukan yang disenangi diri sendiri,” katanya.

Yuri pun menceritakan pengalamannya saat mengambil foto yang dianggapnya biasa, justru ditawar tinggi oleh orang lain.

“Saya mengalami sendiri ketika saya membuat foto, kemudian saya anggap biasa-biasa saja. Tetapi kok malah ditawar tinggi oleh orang lain. Padahal saya tunjukkan yang lebih bagus, ternyata enggak. Ini yang lebih bagus,” kata Yuri.

Menurutnya, fotografi adalah sebuah seni melihat. “Karena ternyata fotografi itu adalah seni melihat, jadi seni melihat. Nah, kalau berbicara seni melihat maka kembali lagi pada selera kan. Oleh karena itu apapun karya foto kita, jangan pernah menganggap bahwa ini jelek, bahwa ini baik. Nikmatin aja,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Yuri mengatakan ia mengambil foto sejalan dengan hobinya wisata, seperti naik gunung, jalan ke laut maupun pantai.

Baca Juga : Curhat Yuri saat Menjadi Jubir Covid-19, Kerap Dipanggil "Bapak di TV"

“Sambil jalan-jalan. Kan sebenarnya ini kan mengombinasikan kesenangan saya untuk naik gunung, kemudian jalan ke laut, ke pantai, sekalian aja di foto,” tuturnya.

Baca Juga : 140 Hari Bekerja Tanpa Henti, Yuri: 29 Tahun Jadi TNI Enggak Berpikir Libur

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini