Pemerintah Tegaskan Lindungi Anak dari Pandemi Covid-19

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 24 Juli 2020 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 337 2251260 pemerintah-tegaskan-lindungi-anak-dari-pandemi-covid-19-GCnI6l1cc4.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah berdampak di semua kalangan. Tak terkecuali anak-anak. Generasi masa depan bangsa itu juga dihadapkan dengan perubahan polah hidup seperti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Meski demikian, pemerintah tetap mengajak anak-anak tetap optimisme dalam meraih cita-citanya dalam perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2020.

"Optimisme anak-anak Indonesia harus tetap dijaga kendati dalam masa pandemi Covid-19. Mari kita ajak anak-anak memanfaatkan waktu untuk mengembangkan diri secara kreatif dengan hati yang gembira," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Widodo Muktiyo dalam keterangannya, Jumat (24/7/2020).

 Korban Covid-19

Widodo mengatakan, pandemi Covid-19 bukanlah hal yang mudah untuk anak-anak dalam menjalankan proses belajar. Ia pun berpesan agar anak Indonesia tetap semangat beradaptasi dengan kebiasaan baru, terutama dalam hal menerapkan protokol kesehatan.

Peringatan HAN dilakukan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Pemerintah juga menegaskan akan terus memprioritaskan untuk melindungi anak-anak dari pandemi Covid-19.

"Jadikan Peringatan HAN sebagai momentum membangun kekuatan untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan memberikan perlindungan bagi mereka. Stop kekerasan, perlakuan buruk, perundungan, dan eksploitasi pada anak. Semua anak adalah anak kita, melindungi mereka merupakan tanggung jawab kita bersama. Mari kita bangun semangat bersama, kita bersatu untuk melalui pandemi ini. Semuanya kita lakukan demi terwujudnya anak terlindungi, Indonesia maju," tegas Widodo.

Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 menurutnya adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

"Melalui momentum ini, kita ingin meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan dan memastikan anak-anak tetap dirumah dan bergembira selama masa pandemi Covid-19, dengan pemanfaatan media digital untuk belajar dan bergembira di rumah," tukas Widodo. 

Pra acara hari anak nasional ditandai dengan kegiatan seperti Webinar Bidang Perlindungan Anak dan Tumbuh Kembang Anak, Talkshow, Suara Anak Indonesia, Bantuan Spesifik Pemenuhan Kebutuhan Anak, Gebyar Prestasi Anak,

Sedangkan pada Puncak Acara Hari Anak Nasional, akan digelar Konser Musik oleh perwakilan anak di 34 provinsi, dialog interaktif, dongeng ibu bintang dan kak seto, penayangan video edukasi, dan lain-lain. (wal)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini