5.469 Hewan di Jaksel Diperiksa Kesehatannya, 19 Tak Layak Kurban

Irfan Ma'ruf, iNews · Kamis 23 Juli 2020 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 337 2251183 5-469-hewan-di-jaksel-diperiksa-kesehatannya-19-tak-layak-kurban-dNTqPIUb7g.jpg Hewan kurban. (Dok Okezone)

JAKARTA – Sebanyak 5.469 hewan kurban di wilayah Jakarta Selatan diperiksa kesehatannya jelang Hari Raya Idul Adha. Dari jumlah itu, sebanyak 19 di antaranya tak layak untuk menjadi hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali didampingi Kepala Sudin Kelautan Pertanian Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan Hasundungan A Sidabalok mengecek langsung pemantauan hewan kurban di Jalan Lebak Bulus I, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (23/7/2020).

Marullah mengatakan, kunjungan dilakukan untuk memastikan ketersediaan hewan kurban yang aman, sehat, dan halal untuk disembelih serta dikonsumsi ketika perayaan Idul Adha nanti.

Tidak hanya itu, kedatangannya juga sekaligus memeriksa hewan yang harus memenuhi syarat dan ketentuan yakni aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

"Ini penting juga, hewannya apakah hewan yang sehat dalam KPKP istilahnya ASUH. Saat ini kita melihat aman dan sehat, sudah diperiksa, mulai dari tempat asalnya hewan ini ada keterangan dari dokter hewan setempat, kemudian diverifikasi teman Sudin KPKP Jakarta Selatan dan sudah mendapatkan verifikasi yang baik. Artinya hewannya aman," kata Marullah.

Baca Juga : Polri Antisipasi Lonjakan Volume Kendaraan saat Libur Idul Adha

Kasudin KPKP Jaksel Hasundungan A Sidabalok mengatakan, pihaknya mengawasi hewan qurban di 73 lokasi. Dari lokasi itu, pihaknya telah mengecek 5.469 ekor terdiri atas 2.533 sapi, 36 kerbau, 2.397 kambing, dan 503 ekor domba.

“Jadi yang tidak sehat itu dan tidak layak dijual itu ada dua ekor kambing sementara yang belum cukup umur ada 17 ekor dan sudah kami tandakan dengan semprot pylox warna merah," kata Hasudungan.

Baca Juga : Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19, MUI: Daging Kurban Diserahkan ke Rumah Penerima

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini