Menteri Bintang Puspayoga Tegaskan Anak-Anak Adalah Aset Bangsa

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 23 Juli 2020 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 337 2250956 menteri-bintang-puspayoga-tegaskan-anak-anak-adalah-aset-bangsa-Pd1umJjDwH.jpeg Menteri Bintang Puspayoga (Foto : Humas Kementerian PPPA)

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga menegaskan bahwa anak-anak merupakan aset bangsa. Ini diungkapkannya dalam diskusi Peringatan Hari Anak Nasional 2020 bertemakan Melindungi Anak di Masa Pandemi.

Bintang Puspayoga, sapaan akrabnya pun menegaskan bahwa anak-anak mempunyai hak yang sama dengan orang dewasa. “Sebenarnya anak-anak itu mempunyai hak yang sama haknya sama dengan orang dewasa,” katanya di Media Center Satuan Tugas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Di mana hak dasar ini kata Bintang telah diatur dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-undang Perlindungan Anak.

“Di mana kalau kita mengacu kepada hak anak di dalam konvensi, hak anak demikian juga undang-undang Perlindungan Anak, anak-anak itu mempunyai empat hak dasar. Yang pertama hak untuk hidup, yang dua hak untuk tumbuh dan berkembang, yang ketiga untuk dilindungi baik dari sisi kekerasan, eksploitasi, demikian juga perlakuan salah lainnya dan yang keempat itu adalah hak untuk partisipasi,” ujarnya.

“Tentunya dari empat hak dasar yang dimiliki oleh anak-anak ibu sangat berharap kalian tahu ke proaktif ya untuk memperjuangkan hak-hak kalian. Sehingga kalian nanti menjadi anak-anak yang hebat karena anak-anak ini adalah aset bangsa yang akan menentukan bangsa dan negara kita yang kita cinta ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Puspayoga pun mendapatkan pertanyaan dari anak-anak. "Kapan kita bisa pergi ke sekolah? Kita ini, sekarang mengalami situasi yang sangat sulit. Tidak hanya Indonesia, pandemi ini hampir di 210 negara. Nah ini pandemi Covid-19.”

“Kenapa tidak ke sekolah, harus di rumah? Ini adalah kebijakan-kebijakan yang disampaikan kemudian diharapkan oleh pemerintah agar kalian aman dari Covid-19 ini,” jelas Bintang.

Baca Juga : KPAI: Ada Siswa Tak Naik Kelas saat Belajar Online, Padahal Daerahnya Tak Ada Internet

Baca Juga : RS Wisma Atlet Kemayoran Rawat 1.453 Pasien Terkait Covid-19

Bintang pun meminta anak-anak untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. “Ibu harapkan dari seluruh anak-anak Indonesia, di masa pandemi ini ibu harapkan kalian semua taati protokol kesehatan yang sudah disampaikan oleh pemerintah.”

“Nah, protokol kesehatannya itu seperti apa? Ini juga pesan dari bapak Presiden, ibu pertegas pesannya harus adaptasi dengan tatanan hidup yang baru nah itu dengan apa? kita sering-sering cuci tangan, pakai masker, jauhi kerumunan dan jaga jarak,” jelas Bintang.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini