Hari Anak Nasional, Sosok Petra "Bocah Kalkulator" Sedot Atensi Publik

Khafid Mardiyansyah, Okezone · Kamis 23 Juli 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 337 2250851 hari-anak-nasional-sosok-petra-bocah-kalkulator-sedot-atensi-publik-yyzKqWy97r.JPG Petra saat dites berhitung cepat (screenshoot tayangan iNews Siang)

JAKARTA - Sosok Petra Jheremy Pangaribuan menyedot atensi publik berkat kemampuan menghitung cepatnya yang luar biasa. Bahkan, publik kini menjulukinya sebagai bocah kalkulator.

Di peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020, Petra yang masih berusia sembilan tahun, membagikan tips menghitung cepat yang sudah dipelajarinya melalui metode sempoa. Menurutnya, sejak umur enam tahun, ia sudah mempelajari sempoa dan terbiasa berhitung cepat.

"Tapi sekarang sudah bisa gunakan bayang (tak memakai bantuan alat sempoa)," jelas Petra saat diwawancarai dalam program iNews siang di Medan, Sumatera Utara, Kamis (23/7/2020).

Petra mengaku, ingin bisa menghitung cepat agar bisa melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, sehingga ia bisa berkonsentrasi dalam memecahkan masalah.

"Emang sejak kecil juga suka matematika," jelas Petra lagi.

Petra yang bercita-cita ingin memiliki showroom mobil sendiri itu mengaku sudah banyak mendapatkan penghargaan. Mulai dari tingkat lokal, hingga tingkat nasional yang didapatnya di Semarang pada 2019 lalu.

"Tahun 2020 ini mau ikut lomba di Malang, tapi ada Corona, tidak jadi lombanya," ungkap dia.

Petra jadi perbincangan publik setelah kemampuan menghitungnya di atas rata-rata orang biasa. Saat dites, Petra bahkan bisa menghitung penjumlahan dan pengurangan hingga 15 baris angka ratusan dengan sangat cepat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini