Presiden Jokowi: 70 Juta Anak Indonesia Terdampak Pandemi Corona

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 23 Juli 2020 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 337 2250837 presiden-jokowi-70-juta-anak-indonesia-terdampak-pandemi-corona-9P7iNB4NJg.jpg Foto: Muchlis Jr/ Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2020. Dalam kesempatan itu, Kepala Negara menyebut lebih dari 70 juta anak di Indonesia ikut terdampak pandemi virus Corona (Covid-19).

"Lebih tujuh puluh juta anak Indonesia hari-hari ini ikut merasakan dampak pandemi global Covid-19," ucap Jokowi melalui akun Instagramnya, Kamis (23/7/2020).

Jokowi menuturkan, mereka kini tak lagi bebas bermain bersama kawan-kawan sebayanya. Bahkan anak-anak juga harus belajar dari rumah pada hari sekolah.

"Bagaimana pun, anak-anak adalah masa depan bangsa ini. Mereka harus mendapatkan perlindungan. Di pundak merekalah, terpanggul harapan akan Indonesia yang maju," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga menyampaikan pesan khusus dan menyapa seluruh anak Indonesia bertepatan dengan HAN 2020.

Menurut Jokowi dan Iriana, anak-anak Indonesia memang memiliki kesan tersendiri bagi mereka. Lelah keduanya saat menjalankan aktivitas dan pekerjaan sehari-hari menjadi tak terasa saat melihat senyum anak-anak Indonesia di manapun mereka berada. Bahkan rasa letih seketika berubah menjadi semangat baru.

"Setiap saya dan Ibu Iriana berkunjung ke daerah baik itu ke Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Nusa Tenggara, ke manapun di Tanah Air ini ada satu hal yang selalu membuat saya dan Ibu Iriana semangat bekerja, yaitu melihat senyum anak-anak di Indonesia," ucap keduanya seperti dikutip dari Biro Pers Setpres.

Presiden dan Ibu Negara mengatakan bahwa keduanya merasa sangat berbahagia bisa menyapa anak-anak dari seluruh penjuru Tanah Air, meski untuk saat ini harus dilakukan secara virtual. Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda mengharuskan kita untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

"Anak-anak, saat ini ada pandemi virus corona. Tapi saya tahu anak-anak pasti tidak sabar ingin sekolah, tidak sabar ingin bermain dengan teman-temannya, tidak sabar ingin bertemu dengan kakek-neneknya yang jaraknya jauh. Pagi hari ini Ibu Iriana ingin berpesan kepada anak-anak. Ayo Bu apa pesannya?" kata Presiden.

Disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah belajar, dan setelah berkegiatan. Disiplin memakai masker kalau keluar rumah dan menghindari kerumunan di manapun anak-anak berada," sahut Ibu Negara.

Kepada seluruh anak Indonesia, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengingatkan anak-anak untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan cara mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga sering mencuci tangan. Adaptasi terhadap kebiasaan baru tersebut harus selalu dilakukan sebagai upaya menghindari penularan dan penyebaran virus korona penyebab pandemi.

Selain itu, Presiden dan Ibu Negara juga mengajak anak-anak Indonesia untuk tetap semangat belajar dari rumah dan berdoa agar pandemi Covid-19 ini dapat segera berlalu sehingga anak-anak Indonesia dapat kembali berkumpul bersama guru dan teman-temannya di sekolah.

"Anak-anak terus belajar ya. Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa, kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi virus korona ini segera berlalu agar anak-anak bisa kembali belajar dengan guru di sekolah dan bermain dengan teman-temannya," tutur Presiden dan Ibu Iriana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini