HAN 2020, Anak Indonesia Harus Gembira Meski di Tengah Pandemi Covid-19

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 23 Juli 2020 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 337 2250827 han-2020-anak-indonesia-harus-gembira-meski-di-tengah-pandemi-covid-19-fzivoiAaNy.jpg Tangkapan Layar YouTube

JAKARTA - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) menggelar acara puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2020 nyang jatuh tepat pada hari ini, Kamis (23/7/2020).

Peringatan Hari Anak Nasional pada tahun ini terpaksa harus digelar secara virtual dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19).

Dalam kesempatan ini, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati berharap anak-anak bisa tetap bergembira merayakan HAN 2020, meskipun hanya di rumah. Ditekankan dia, anak-anak wajib gembira di rumah karena hari ini adalah hari milik mereka

"Hari ini, adalah hari kalian anak-anakku, jadi hari ini seluruh anak indonesia harus merasakan kegembiraan dan kebahagiaan meski kita tahu saat ini situasi pandemi covid-19 melanda seluruh dunia," kata Bintang saat memberikan sambutan dalam perayaan puncak HAN 2020 yang ditayangkan lewat akun YouTube Kemen PPPA, Kamis (23/7/2020).

Diakui Bintang, pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia membatasi ruang gerak umat manusia. Namun, ia meminta agar semangat untuk merayakan hari anak nasional tidak boleh padam.

"Dan hari ini saya sangat bergembira, sangat senang karena dapat bertemu dengan anak-anakku semua dari 34 provinsi dalam acara peringatan puncak HAN 2020 yang tidak seperti biasanya, perayaan tahun ini kita berjarak tetapi dekat di hati melalui aplikasi Zoom dan Youtube," bebernya

Berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya, dijelaskan Bintang, pelaksanaan hari anak nasional tahun ini harus mendapat banyak tantangan. Tantangannya tersebut yakni karena adanya pandemi Covid-19.

"Terutama anak yang mengalami berbagai persoalan, seperti salah pengasuhan bagi anak yang orang tuanya positif covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar selama pandemi sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja dari rumah," ujarnya.

Dengan banyaknya tantangan tersebut, Kemen PPPA pun mengambil tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju', pada peringatan hari anak nasional tahun ini.

"Ditambah tagline Anak Indonesia Gembira di Rumah. Hal ini sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini walaupun secara virtual," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini