Ada Wakil Indonesia di Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Menag: Ini Sejarah, Selamat!

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 337 2250606 ada-wakil-indonesia-di-dewan-kepausan-untuk-dialog-antaragama-menag-ini-sejarah-selamat-bXHGj47y66.jfif Kardinal Ignatius Suharyo. (Ist)

JAKARTA – Kardinal Ignatius Suharyo mencatatkan sejarah penting bagi Gereja Katolik Indonesia melalui pengangkatan dirinya sebagai wakil Indonesia pertama dalam keanggotaan Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama.

Pengangkatan itu dilakukan Paus Fransiskus di Vatikan, sebagaimana tertuang dalam surat tertanggal 23 Juni 2020 yang disampaikan Kardinal Miguel Angel Ayuso Guixot, selaku Presiden Dewan Kepausan Dialog Antar Agama.

Dewan ini memiiki tanggung jawab mengupayakan saling pengertian, saling menghormati, dan meningkatkan kerjasama antara umat Katolik dengan umat beragama lainnya di berbagai belahan dunia.

Kiprah Kardinal Ignatius Suharyo ini diapresiasi Menteri Agama RI, Fachrul Razi. "Ini bentuk apresiasi tinggi Paus Fransiskus terhadap otoritas keagamaan Kardinal asal Indonesia, sekaligus kepercayaan terhadap kerukunan kehidupan beragama di negeri kita," ujar Menag melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (22/7/2020).

"Saya ucapkan selamat. Ini kali pertama ada wakil Indonesia dalam Dewan tersebut. Semoga Kardinal Ignatius Suharyo bisa mengemban kepercayaan ini dengan baik. Ini juga kesempatan bagi kita untuk menebarkan nilai-nilai relijiusitas dalam Pancasila kepada dunia, yang menjadi salah satu misi moderasi beragama," ujarnya.


Baca Juga : Paus Fransiskus Umumkan Ignatius Suharyo Jadi Kardinal Baru Indonesia

"Semoga toleransi beragama di Indonesia terus berkembang, dan perdamaian dunia terwujud berkat partisipasi Indonesia," tuturnya.

Baca Juga : Ditunjuk Paus Jadi Kardinal, Ini Penjelasan Mgr Ignatius Suharyo

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini