Ahli Kesehatan: Uji Coba Vaksin Corona Sangat Sensitif Berkaitan dengan Etika

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 337 2250107 ahli-kesehatan-uji-coba-vaksin-corona-sangat-sensitif-berkaitan-dengan-etika-AEh5DY1KrY.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

JAKARTA - Pemerintah Indonesia tengah bersiap melakukan uji klinis menyusul masuknya vaksin Sinovac di Indonesia. Vaksin tersebut nantinya akan dilakukan uji klinis fase 3 oleh peneliti dari Universitas Padjajaran demi melihat kekhasiatan vaksin tersebut dalam melawan Covid-19

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai uji coba vaksin tidak mudah dilakukan terlebih hal itu sangat sensitif berkaitan dengan etika pengujian.

"Untuk urusan uji coba cukup sensitif sebenarnya, menyangkut ethical clearence," kata Hermawan kepada Okezone, Selasa (22/7/2020).

Baca Juga: Cerita Pedagang Jelang Rapid Test, Tempuh Berbagai Cara Hindari Reaktif Corona 

Namun, Hermawan tak menjelaskan etika apa saja yang harus diperhatikan dalam pengujian sebuah vaksin. Ia mengatakan pemerintah seharusnya sudah mempertimbangkan segala aspek sebelum pengujian dilakukan.

"Mestinya pemerintah sudah mempertimbangkan," bebernya.

Hermawan juga meminta masyarakat untuk tidak lengah dan mematubi protokol kesehatan meski akan dilakukan uji vaksin tersebut. Sebab, pengujian vaksin tersebut baru akan dilakukan dan belum bisa membuahkan hasil.

"Jadi belum tentu bisa diproduksi tahun ini. Kami percaya vaksin baru mungkin bisa tersedia akhir tahun depan," tandasnya.

Baca Juga: Vaksin Corona Siap Digunakan Awal 2021, Ini Komentar Menkes Terawan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini