Peristiwa 21 Juli: Komedian Asmuni Wafat hingga Agresi Militer Belanda I

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 21 Juli 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 337 2249540 peristiwa-21-juli-komedian-asmuni-wafat-hingga-agresi-militer-belanda-i-0DlJxchTZk.jpg Bala tentara Belanda bersiap jelang agresi militer I (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa atau sejarah penting terjadi setiap harinya, termasuk pada tanggal 21 Juli. Okezone akan mengulas beberapa peristiwa tersebut berdasarkan wikipedia, berikut pemaparannya:

1831 - Leopold I Dilantik Sebagai Raja Belgia

Leopold lahir di Cpburg, Sachsen Saalfeld, Brusel, Belgia pada 10 Desember 1790. Ia merupakan raja Belgia. Leopold juga pendiri trah Sachen Coburg Gotha Belgia.

1947 - Agresi Militer Belanda I

Agresi Militer Belanda I adalah operasi militer yang dilakukan Belanda di Pulau Jawa dan Sumatera yang dimulai pada 21 Juli hingga 5 Agustus 1947.

Operasi ini menegaskan bahwa hasil perundingan Linggarjati yang dilakukan pada 25 Maret 1947 sudah tidak berlaku lagi. Belanda kala itu mulai mengangkat senjata ke sejumlah daerah di Indonesia.

Tujuan utama Agresi Militer Belanda I tak lain untuk merebut daerah perkebunan dan sumber daya alam (SDA) yang melimpah di bumi Indonesia. Belanda menyebut tindakan ini sebagai aksi polisionil dan menyatakannya sebagai urusan dalam negeri untuk mengelabui dunia internasional.

Jumlah tentara yang dikerahkan untuk melancarkan agresi ini mencapai lebih dari 100.000 orang dengan dilengkapi alat utama sistem senjata (alutsista) yang canggih. Indonesia menganggap tindakan ini sebagai pelanggaran dari perundingan Linggarjati.

1954 - Konvensi Jenewa

Konvensi atau perjanjian Jenewa pada 21 Juli 1954 membagi Vietnam menjadi dua zona; Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Konvensi itu digelar setelah terjadinya perang Indocina antara Vietnam Selatan yang didukung Prancis dengan Vietnam Utara yang bakcup oleh China dan Uni Soviet.

1970 - Bendungan Aswan Mesir Selesai Dibangun

 

Pada 21 Juli 1970, bendungan di Kota Aswan, Mesir selesai dibangun. Pembangunan bendungan Sungai Nil itu membutuhkan waktu 11 tahun. Bendungan Aswan dibangun untuk membendung banjir akibat meluapnya Sungai Nil yang kerap terjadi tiap tahun

2007 - Komedian Asmuni Wafat

Toto Asmuni merupakan komedian legendaris di Indonesia yang berasal dari grup lawak Srimulat. Ia terkenal dengan tampilan kumis kecil ala Charlie Chaplin dan blangkonnya.

Tak disangka, Asmuni dulunya merupakan seorang penyanyi. Kiprahnya mulai bersinar bersama orkes Angkatan Bersenjata. Kiprah Asmuni di dunia tarik suara dibuktikan dengan piringan hitam yang sempat dikeluarkannya berjudul ‘Sungai Barito.’

Karir Asmuni akhirnya berlanjut di dunia komedia. Sekira 1976, ia berhasil membuat pendiri Srimulat terpingkal-pingkal atas lawakannya. Akhirnya ia direkrut di grup Srimulat Surabaya.

Di sinilah ciri khas Asmuni yang berkumis kecil dan memakai blankon semakin populer karena seringnya manggung. Akhirnya ia hijrah ke Ibu Kota dan bergabung dengan grup Srimulat Jakarta. Di sini karirnya semakin moncer dan menapaki puncaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini