Ibu Meninggal Usai Melahirkan, Pemerintah Diminta Dekatkan Fasilitas Kesehatan ke Daerah Pelosok

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Senin 20 Juli 2020 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 337 2249199 ibu-meninggal-usai-melahirkan-pemerintah-diminta-dekatkan-fasilitas-kesehatan-ke-daerah-pelosok-OuyoKcK6tE.jpg Ilustrasi rumah sakit. (Foto : Dok Okezone)

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen, meminta kualitas pelayanan kesehatan ditingkatkan. Ia meminta pemerintah untuk mendekatkan fasilitas kesehatan di tengah masyarakat, terutama di daerah pelosok.

Hal itu diungkapkannya menanggapi kejadian ibu di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, meninggal dunia usai melahirkan. Ibu itu meninggal dunia dalam pikap saat perjalanan ketika dirujuk ke rumah sakit. Ibu itu dirujuk karena fasilitas kesehatan tidak memadai di puskesmas pembantu.

“Saya ikut berduka terkait dengan peristiwa itu. Ke depan, harus ada upaya dan tindakan nyata untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kita,” katanya dalam keterangannya, Senin (20/7/2020).

Ia mengungkapkan, harus ada dukungan pemerintah untuk mendekatkan fasilitas kesehatan ke tengah warga. “Khususnya di kawasan-kawasan pelosok dan jauh dari kota yang itu sangat membutuhkan pelayanan kesehatan,” ucapnya.

Nabil Haroen menilai perlu ada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan. “Tenaga terampil dan ahli bidang kesehatan harus diapresiasi, peningkatan SDM dan kualitas pelayanan kesehatan harus menjadi program inti pemerintah ke depan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, saat pandemi virus corona (Covid-19) ini dapat diketahui kelemahan dan kekurangan pelayanan kesehatan sehingga perlu dibenahi.

Nabil Haroen menyebut, beberapa waktu lalu saat rapat di Komisi IX DPR RI, sempat menyampaikan terkait pentingnya rumah sakit atau puskesmas portabel.


Baca Juga : Mendagri Tito: Kesehatan Ukuran Keberhasilan Pembangunan

“Jadi, ini nanti bisa disiapkan secara cepat, sekaligus bisa dipindah secara mudah. Juga, peningkatan jumlah mobil ambulans yang mampu mengcover kawasan-kawasan yang sangat membutuhkan pertolongan kesehatan,” tuturnya.

Baca Juga : Anies Minta Pemprov DKI Gunakan Toa untuk Kampanye Pencegahan Covid-19

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini