Pilkada 2020, Kapolri Bakal Cek Personel di Sentra Gakkumdu

Felldy Utama, iNews · Senin 20 Juli 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 337 2249167 pilkada-2020-kapolri-bakal-cek-personel-di-sentra-gakkumdu-SF2jRAhSaQ.jpg Kapolri Jenderal Idham Azis. (Foto : Sindo)

JAKARTA – Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan komitmen dukungannya terhadap upaya penegakan hukum dalam Pilkada serentak 2020. Salah satu bentuk komitmennya, dia berjanji melakukan supervisi secara dadakan atau mengecek anggotanya yang ditugaskan bergabung ke sentra Gakkumdu Pilkada 2020.

"Saya (akan) menunjukkan betul komitmen bahwa Polri betul-betul siap memberikan bantuan," kata Idham dalam acara penandatanganan peraturan bersama antara Bawaslu, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian RI yang digelar di Kantor Bawaslu RI, Senin (20/7/2020).

Sebagai bentuk dukungannya, mantan Kapolda Metro Jaya itu berjanji akan terjun langsung untuk mengawasi anggotanya yang tergabung dalam sentra Gakkumdu. Menurutnya, hal ini penting untuk memastikan semua kinerja yang dilakukan dalam upaya penegakan hukum dilakukan dengan baik dan maksimal.

"Saya akan mengecek setiap saat atau supervisi dadakan ke mereka-mereka yang tergabung di dalam sentra Gakkumdu," ujarnya.

Di samping melakukan pengawasan, Idham meminta jajarannya untuk ikut memantau perkembangan terbaru terhadap kinerja sentra Gakkumdu dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

"Saya juga berharap Asops secara periodik melaporkan kepada saya," katanya.


Baca Juga : Bawaslu: Gakkumdu Jadi Komponen Vital Tentukan Kesuksesan Penyelenggaraan Pilkada 2020

Sebelumnya, Idham mengapresiasi kegiatan penandatanganan peraturan bersama antara Bawaslu, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian RI. Itu karena momentum ini sangat penting untuk memberikan gambaran bahwa alat negara harus selalu siap dalam keadaan apapun.

"Semoga ini didengar semua oleh jajaran di Polda khususnya Dirkrimum dan Dirkrimsus. Saya hanya berpesan setelah penandatanganan kesepakatan ini, saya minta Asops benar-benar menunjuk orang yang punya komitmen dan integritas yang duduk di Sentra Gakkumdu, bukan hanya nama," tuturnya.

Baca Juga : Mendagri: Jangan Pilih Kontestan Pilkada Tak Patuh Protokol Kesehatan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini