Presiden Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Tinjau Banjir Bandang Luwu Utara

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 17 Juli 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 337 2247882 presiden-jokowi-perintahkan-menteri-pupr-tinjau-banjir-bandang-luwu-utara-nnhl1t2nRg.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono turun langsung meninjau banjir bandang di Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

"Presiden memerintahkan Menteri Pupera untuk segera turun ke Luwu Utara," ucap Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman kepada pers, Jumat (17/6/2020).

 Baca juga: 4.930 Orang Terdampak Banjir Luwu Utara, Pemerintah Siapkan Tempat Tinggal Sementara

Presiden Jokowi, kata Fadjroel, juga mengucapkan duka cita atas bencana alam di Luwu Utara. Kepala Negara juga berbela sungkawa atas insiden banjir di Kota Sorong, Papua Barat.

"Presiden mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk korban di Masamba Luwu Utara juga korban banjir di kota Sorong Papua Barat," pungkasnya.

 Baca juga: Korban Banjir Luwu Utara Terus Bertambah, 30 Warga Tewas 

Sekadar informasi, banjir bandang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada Senin 13 Juli 2020 sekira pukul 19.00 waktu setempat. Lebih dari 4.000 keluarga terdampak akibat bencana tersebut.

 

Enam kecamatan yang dilanda banjir yakni Kecamatan Masamba, Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Malangke dan Malangke Barat. Akibat banjir tersebut, BPBD melaporkan 30 warga meninggal dunia, 10 warga berhasil diselamatkan dan 46 lainnya masih dalam pencarian (data Tim SAR 23 orang hilang). Kesepuluh korban luka-luka tersebut dirujuk ke RSUD Masamba.

Banjir bandang itu dipicu salah satunya karena hujan dengan intensitas tinggi. Debit air hujan mengakibatkan Sungai Masamba, Rongkang dan Sungai Rada meluap sehingga terjadi banjir bandang.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini