Cegah Penyebaran Covid-19 di Pasar, Ini Tips dari Dokter Reisa

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 16 Juli 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 337 2247581 cegah-penyebaran-covid-19-di-pasar-ini-tips-dari-dokter-reisa-PVOLYzrr3D.jpeg Foto: Istimewa

JAKARTA - Pasar tradisional menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat baik untuk melakukan kegiatan ekonomi sosial dan budaya. Pasar juga menjadi tempat interaksi dengan banyak orang. Dengan adanya pandemi cara bertransaksi di pasar harus berubah.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Duta Kebiasaan Baru Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, panduan mengenai protokol kesehatan di pasar telah diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia dan juga regulasi daerah masing-masing dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

“Sasaran tersebut ditujukan kepada baik pengelola, pedagang, pekerja dan juga pengunjung. Yang khas dari pasar tradisional kita adalah bertemunya pembeli dan penjual lalu mereka terlibat proses jual beli dan yang seru melalui tawar-menawar. Jadi interaksi pedagang dan pembeli tidak bisa dihindarkan. Maka kerumunan dan pergerakan orang merupakan kondisi yang ditemukan di pasar,” kata Reisa, Kamis (16/7/2020).

 Virus corona

Reisa mengatakan, ada beberapa tips yang bisa diterapkan sebelum ke pasar.

“Sebelum ke pasar, pastikan kita sehat dan fit untuk keluar rumah. Susun daftar belanja dan pastikan kita cari informasi terlebih dahulu tentang barang dan pedagang yang ingin kita datangi di pasar. Bawa sendiri tas belanjaan kita dari rumah,” sambungnya.

Ia mengatakan, untuk ingat mencuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir selama minimal 20 detik. Biasakan cuci tangan dengan hand sanitizer terutama setiap setelah selesai bertransaksi.

 

Reisa mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh sudah menjadi kewajiban di tempat umum, termasuk di pasar.

“Apabila suhu badan kita diatas 37,3 derajat, maka tidak sebaiknya kita keluar rumah. Pastikan kita istirahat dan pulihkan kesehatan sebelum beraktivitas kembali,” katanya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini