Pemerintah Integrasikan Sistem Pembayaran Moda Transportasi di Jakarta

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 15 Juli 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 337 2247008 pemerintah-integrasikan-sistem-pembayaran-moda-transportasi-di-jakarta-n6e53eNYd1.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah akan melakukan integrasi sistem pembayaran moda transportasi di Jakarta melalui electronic fare collection (EFC), yang dikelola PT. JakLingko Indonesia.

Integrasi pembayaran tersebut ditandai dengan penandatanganan antara PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), PT Transportasi Jakarta (TJ), PT MRT Jakarta (MRTJ) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, dengan sistem terintegrasi tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam menggunakan moda transportasi.

"Nantinya warga cukup memiliki satu device, apakah kartu atau lainnya untuk bisa digunakan untuk semua moda. Mudah-mudahan pertengahan tahun depan masyarakat di Jakarta sudah bisa menikmati," kata Anies di Gedung Kemenhub yang disiarkan melalui online, Rabu (15/7/2020).

 transportasi

Anies berharap nantinya melalui PT JakLingko Indonesia penerapan sistem pembayaran terintegrasi tersebut tidak hanya bisa dilakukan di Jakarta melainkan juga di Jabodetabek.

"Mudah-mudahan ke depan ke Jabodetabek dan berkembang ke seluruh Indonesia," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana pengintegrasian tersebut sebelumnua telah dibahas oleh pemerintah.

Ia berharap dengan adanya sistem tersebut bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan meningkatkan daya saing dengan negara-negara maju lainnya.

"Oleh karenanya pembentukan ini jadi satu langkah yang baik, karena kita akan mengintegrasikan semua moda yang ada dan lebih lanjut kita menggunakan pembayaran yang satu. Jadi praktis sekali," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini