Dokter Reisa Dorong Masyarakat Berpartisipasi Landaikan Kurva Covid-19

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 15 Juli 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 337 2246882 dokter-reisa-dorong-masyarakat-berpartisipasi-landaikan-kurva-covid-19-WVx9tKPC3o.jpeg Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepetan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro (foto: Dok Gugus Tugas Covid-19)

 Virus Corona

JAKARTA - Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, dalam rangka menurunkan angka kasus Covid-19, pemerintah telah memasifkan gerakan 3T yakni testing, tracing, dan treatment.

“Ingat, 3T ini akan menjadi kunci bagi kita untuk menurunkan angka kasus positif dan menurunkan angka fatalitas karena Covid-19,” kata Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Reisa mengatakan, gerakan 3T dari pemerintah saja tidak cukup untuk menurun kasus Covid-19 di Tanah Air.

“Tapi tidak hanya 3T tersebut saja. Ada 3 jurus juga yang akan membuat kita berhasil melandaikan kurva dan kemudian memutuskan transmisi.”

“Ketiganya adalah pertama jaga jarak aman pastikan kita berjarak 1 sampai 2 meter dari orang lain. Terutama bila berada di dalam kerumunan. Hal ini sangat efektif menghindari tertular dan menulari Covid-19,” jelas Reisa.

Kedua, kata Reisa pakai masker dengan benar dan disiplin dimanapun berada terutama di ruang publik.

“Hindari mengeluarkan droplets dan terkena droplets atau percikkan buliran ketika bicara, batuk atau bersin dari dan kepada orang lain,” sambungnya.

Reisa mengajak masyarakat untuk sukseskan gerakan masker salah satunya dengan membawa beberapa masker untuk berganti minimal setiap 4 jam sekali.

“Atau kalau sudah basah atau lembab. Dan untuk ditawarkan ke orang lain apabila mereka tidak membawa. Ingat seperti yang Pak Yuri (Juru Bicara Pemerintah Penanganan virus Corona (Covid-19), Achmad Yurianto) juga selalu mengatakan maskerku melindungimu, maskermu melindungiku,” tuturnya.

Yang ketiga adalah cuci tangan. “Ini sangat ampuh untuk mematikan virus. Karena lemak sabun akan membunuh virus dan jenis kuman lainnya. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik. Dan ikuti anjuran tahapannya agar tangan benar-benar bersih maksimal,” kata Reisa.

“Mari dukung 3T pemerintah dan lakukan 3 jurus jitu di atas. Sebagai bukti kita saling bergotong-royong pemerintah dan masyarakat bersatu melawan Covid-19. Bersama kita bisa,” pungkasnya.

(wal)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini