Unik! Marka Jalan Mirip Starting Grid MotoGP, Begini Komentar Pengendara

Era Neizma Wedya, iNews · Rabu 15 Juli 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 337 2246685 unik-marka-jalan-mirip-starting-grid-motogp-begini-komentar-pengendara-GKrWrIi2Lf.jpg Ilustrasi. Foto: Istimewa

LUBUKLINGGAU - Ada marka unik di suatu perlintasan (lampu merah) di Kota Lubuklinggau. Di sana terdapat garis penanda yang mirip Starting Grid MotoGP di sirkuit balapan.

Petugas Satlantas Polres Lubuklinggau mengatakan marka pembatas jarak 1 meter bagi sepeda motor itu terdapat di Simpang RCA Lubuklinggau.

"Iya baru ada di satu lokasi, Simpang RCA” kata AKP Budi Harto, Kasatlantas Polres Lubuklinggau, Rabu (15/7/2020).

Pemasangan marka tersebut bertujuan agar pemotor memiliki jarak aman saat berhenti di lampu merah. Budi juga menjelaskan, marka pembatas jarak bagi sepeda motor dipasang pada Selasa 14 Juli 2020 malam.

"Baru tadi malam markanya, anggota melakukan pemasangan dan selesai tadi pagi. Karena pemasangan marka ini kita menunggu kondisi jalan sepi kendaraan," kata Budi.

Dan pagi ini polisi sudah mulai menyosialisasikan marka tersebut kepada para pengguna jalan dengan menerjunkan petugas di traffic light (lampu merah) simpang RCA. Pemotor diarahkan berhenti tepat di posisi yang sudah ditentukan atau sesuai marka mirip Starting Grid MotoGP itu.

"Kami masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat, pengendara. Sosialisasi baik tertib berlalu lintas maupun protokol pencegahan Covid-19 saat berkendara," terang Budi.

Baca Juga:  Viral! Naik Sepeda Sudah Biasa, Kini Trennya Naik Sapi 

Kapolres Lubuklinggau AKBP Mustofa mengatakan, marka pembatasan dibuat berjarak 1 meter bagi sepeda motor di jalan protokol dalam rangka nmenghadapi new normal di tengah pandemi Covid-19.

"Kita coba memberikan edukasi kepada masyarakat tentang jaga jarak dan phisycal distancing, dan prioritas marka pembatasan jarak 1 meter bagi kendaraan roda dua ini kita pasang di jalan protokol dulu,” kata Mustofa.

“Dan sambil jalan, nanti kita lihat bagaimana praktik, evaluasi dan sebagainya. Tidak lupa anggota kita senantiasa mengingatkan agar pengendara harus jaga jarak saat stop di persimpangan lampu merah. Tidak boleh terlalu dekat atau berhimpitan,” tambahnya.

Uding, salah seorang pengendara menyambut baik pembuatan marka tersebut. "Seru juga lihat jalannya seperti mau balapan motor, dan Jalan terlihat rapi, tidak berhimpitan. Pengendara langsung berhenti di setiap marka yang sudah dipasang di lampu merah. Dan semoga masyarakat bisa tertib dan mematuhi aturan baru ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Viral Janda Cantik di Babel Jual Rumah Plus Penghuninya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini