Istana Jamin Pendidikan Berkualitas bagi Pelajar di Tengah Pandemi Covid-19

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 14 Juli 2020 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 337 2245913 istana-jamin-pendidikan-berkualitas-bagi-pelajar-di-tengah-pandemi-covid-19-LZ66EGLstv.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pemerintah telah menetapkan tahun ajaran baru 2020-2021 pada Senin 13 Juli 2020. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menegaskan, bahwa hanya zona hijau pandemi Covid-19 yang memperbolehkan sekolah membula kegiatan belajar mengajar secara langsung.

Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia mengatakan, bahwa krisis kesehatan saat ini tentu bukan keadaan yang diharapkan oleh masyarakat dunia, termasuk kita bangsa Indonesia. Namun, proses pendidikan bagi warga harus dipastikan berjalan.

"Ini didasarkan pada Pasal 31 UUD 1945 yang mengamanahkan bahwa tiap warga negara berhak mendapat pendidikan," kata Angkie kepada Okezone, Selasa (14/7/2020).

 Sekolah

Pemerintah, lanjut dia, menjamin proses kegiatan belajar mengajar yang berkualitas selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Oleh karenanya, memasuki tahun ajaran baru, pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan menjamin proses pengajaran tetap berlangsung, diantaranya melalui skema pembelajaran jarak jauh (PJJ)," ujarnya.

Angkie menerangkan, pemerintah akan terus memonitor dan mengevaluasi sistem PJJ guna mendapatkan skema belajar yang memadai dan bisa tersampaikan dengan baik, kepada seluruh siswa serta guru mampu memberi pendidikan layak yang berbasis kurikulum.

"Pemerintah menginginkan proses pendidikan ini bisa berlangsung dengan menyesuaikan pada adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang menekankan akan pentingnya pelaksaan protokol kesehatan dalam setiap aktifitas, termasuk belajar mengajar," jelas dia.

 

Angkie berharap, para guru dan tenaga pendidik lainnya bisa terus bersemangat dalam memberikan pembelajaran kepada siswanya.

"Salam hangat dari Presiden untuk seluruh siswa di Indonesia agar terus semangat meraih ilmu dan cita-cita serta kepada guru-guru yang tak lelah mendidik anak bangsa di tengah pandemi global ini," tandasnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini