KSAD Blak-Blakan Soal Upaya Sembuhkan Siswa Secapa AD Bandung dari Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 11 Juli 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 337 2244874 ksad-blak-blakan-soal-upaya-sembuhkan-siswa-secapa-ad-bandung-dari-covid-19-KpXfOSG1WV.jpeg

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa blak-blakan mengenai upaya dan penanganan dari jajarannya dalam menyembuhkan siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD Bandung, dari Covid-19.

Di antaranya adalah, memberikan asupan ke seluruh siswa, mulai dari obat-obatan, antibiotik antivirus dan vitamin C dengan dosis yang tepat. Hal itu bertujuan untuk, menciptakan imunitas tubuh dari masing-masing siswa Secapa itu.

"Karena tim dokter secara teori, kita sudah berikan yang diperlukan setiap pasien yang positif, mulai dari obat, antibiotik antivirus walaupun bukan antivirus covid tetapi secara umum melawan virus. Kemudian vitamin C dosis tinggi 750 Miligram, selain itu ada multivitamin," kata Andika kepada seluruh siswa Secapa AD Bandung, Sabtu (11/7/2020).

BACA JUGA: Sumbang Lebih dari Seribu Pasien Covid-19, Secapa TNI AD Ditutup

Selain itu, pelatih Secapa juga memberikan obat-obatan herbal kepada seluruh peserta yang terindikasi positif virus SARS-CoV-2.

"Ada juga obat herbal tingkatkan imunitas tubuh, itu yang dimakan oleh seluruh rekan-rekan yang positif covid," ujar Andika.

BACA JUGA: KSAD Motivasi Siswa Secapa AD untuk Sembuh dari Covid-19

Selain obat-obatan, strategi pembinaan fisik agar terus fit atau bugar juga diterapkan di Secapa AD. Misalnya, dari diwajibkannya peserta tidur selama delapan jam.

"Selain itu, kita terapkan aturan, agar rekan-rekan tingkat imunitasnya lebih tinggi karena salah satu keberhasilan kita melawan covid kalau kita dalam keadaan sehat dan fit sekali, yaitu tidur jam Jam 9," ujar Andika.

"Handphone tidak boleh menyala jam segitu. Maksudnya adalah supaya rekan-rekan bisa tidur, kita bisa tidur delapan jam karena itu jumlah jam istirahat yang ideal, sehingga bangun pagi kita fresh," imbuh Andika.

Selanjutnya, pola makan kepada peserta Secapa juga diatur sedemikian rupa. "Makan pun ada tidak yang awasi bahwa makan kita ada yang awasi. Nah itu juga instruksi dari kami, kenapa, supaya kita lebih fit, intake atau masukan protein, vitamin lain itu cukupi untuk kita aktivitas tiap hari, selain makanan dan istirahat," papar Andika.

Andika menambahkan, dalam upaya terakhir yakni melakukan olahraga rutin setiap harinya. Namun, hal itu tidak boleh melampaui batas kapasitas tubuh seseorang.

"Kadar olahraga kita ada tapi ga boleh terlalu berat sehingga kita ga boleh cape. Kalau semua dilakukan dan bedasarkan Swab kedua sudah ada dari kita yang tadinya positif menjadi negatif berarti kita semua kuat lawan Covid," tutup Andika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini