Panglima TNI dan Kapolri Resmikan Kampung Tangguh Nusantara

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 09 Juli 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 337 2243901 panglima-tni-dan-kapolri-resmikan-kampung-tangguh-nusantara-9HVAPMslQ5.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis meresmikan Kampung Tangguh Nusantara di Ketapang Urban Aquaculture, Desa Ketapang, Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (9/7/2020).

Hadi mengungkapkan, kampung tangguh tersebut dibentuk sebagai salah satu program atau gagasan extraordinary penanganan pandemi Covid-19. Saat ini terdapat tujuh ribuan kampung tangguh sebagaimana instruksi dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Ketahanan pangan dan kampung tangguh wujud program extraordinary seperti disampaikan Bapak Presiden beberapa waktu lalu, saya makasih seluruh pihak, TNI, Polri dan seluruh masyarakat atas kampung tangguh yang baru saja diluncurkan," kata Hadi.

Ia berharap, program kampung tangguh ini bisa menjamin ketersediaan pangan bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona.

 

Adapun program ketahanan pangan ini memanfaatkan lahan-lahan kantor TNI-Polri agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

"Salah satunya contoh yang saat ini kita saksikan dan ini adalah satu contoh yang semuanya sudah dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia khususnya di tempat-tempat kantor atau di tempa-tempat wilayah TNI-Polri termasuk tempat-tempat masyarakat yang belum digarap dengan baik," papar Hadi.

Selain menjamin ketersediaan pangan, kampung tangguh ini juga bertujuan untuk semakin mendisiplinkan masyarakat untuk pentingnya menerapkan standar protokol kesehatan.

"Walaupun PSBB sudah selesai namun protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan. Sampai kapan? Ya sampai antivirusnya atau vaksinnya ditemukan itulah kira-kira pesan kita sampaikan kepada jajaran TNI-Polri diseluruh indonesia dan sudah kita launching terkait kampung sehat dan penanaman bibit ikan termasuk bibit jagung dan itupun secara serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini