Mulai Hari Ini Ojol Boleh Angkut Penumpang, Pemkot Bekasi: Ekonomi Harus Terus Berjalan

Wisnu Yusep, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 337 2243605 mulai-hari-ini-ojol-boleh-angkut-penumpang-pemkot-bekasi-ekonomi-harus-terus-berjalan-t92rT2sv5z.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

BEKASI — Sempat tak boleh angkut pelanggan karena sedang pandemi virus corona (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi kini memperbolehkan ojek online (Ojol) mengangkut penumpang di Kota Bekasi mulai hari ini, Kamis (9/7/2020).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi yang akrab disapa Pepen mengatakan pertimbangan pemberian izin operasi ojol di tengah pandemi Covid-19 adalah semata-mata karena dibutuhkan guna menggerakkan roda perekonomian.

Kemudian pengemudi odol juga butuh bekerja kembali secara normal. "Saya melihatnya bahwa saya yakin warga saya butuh, satu kegiatan ekonomi untuk menunjang pendapatan keluarganya. Kalau kita terus-terusan terobsesi dan takut akan virus Covid-19, maka kita akan terkapar," ucapnya.

Dia pun meminta warga Kota Bekasi tak perlu lagi khawatir dengan kondisi saat ini. Bila pun ada yang masih terpapar virus corona, pihaknya sudah memiliki sarana prasarana dalam penanganan orang yang terinfeksi.

"Yang kondisi imunnya lemah dan dia terkena Covid-19, saya sudah mempersiapkan sarana prasarana. Rumah sakit umum saya sudah ada, kapasitasnya 117, tempat tidur untuk melakukan isolasi pun begitu," ucapnya.

Lalu bagaimana dengan tingkat kondisi penularan Covid-19 di Bekasi sekarang? "Memang jumlah tinggi-tingginya pada minggu ke 2-3 April, yang meninggal juga terhitung sangat luar biasa. Tapi terhitung 26 Mei, saat pak Presiden datang ke Summarecon mensimulasikan kegiatan, pembukaan dari gerai-gerai yang ada, sampai saat ini angka kematian tidak ada," klaim dia.

Baca Juga: Pemkot Depok Izinkan Ojol Angkut Penumpang 

Dengan demikian, Pemkot Bekasi dalam menghadapi new normal ini secara bertahap kembali membuka pelayanan-pelayanan masyarakat.

"Saya berkewajiban mengamankan dari seluruh kebijakan-kebijakan proses ke masyarakat terus menerus. Dan kita juga kemarin sudah simulasi terhadap proses belajar mengajar tatap muka, ternyata semua sudah dipersiapkan sesuai protokol kesehatan. Itulah hebatan di Kota Bekasi, termasuk ojol sudah pakai partisi bahkan sudah begitu semangatnya," tutur Pepen

Dengan begitu kegiatan ekonomi di Bekasi diharapkan kembali mengeliat. "Maka atas izin Allah, ojol melakukan aktivitasnya, kegitannya pada adaptasi tatanan hidup baru, masyarakat produktif dan aman Covid-19. Kenapa aman, bukan melawan? Biar saja Covid, yang sakit kita isolasi, kegiatan ekonomi harus terus berjalan," jelas dia.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini