Buron Pembobol BNI Dipantau Setahun, Bekerja Diam-diam dan Ekstra Hati-hati

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 337 2243564 buron-pembobol-bni-dipantau-setahun-bekerja-diam-diam-dan-ekstra-hati-hati-blFaMwKQqi.jpeg

JAKARTA – Buronan pembobol Rp1,7 triliun Bank BNI, Maria Pauline Lumowa tiba di Jakarta setelah diekstradisi dari Serbia, siang ini (9/7/2020). Terkait penangkapan buron, Menko Polhukam menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Selama 17 tahun jadi buron keluar, lari dari Indonesia tinggal di Belanda, selama itu kita mencarinya. Dan sejak setahun lalu itu tertangkap, terjejak di Serbia sejak Juli 2019,” kata Menkopolhukam Mahfud MD dalam keterangan pers di Bandara Soetta, Tangerang.

“Kemudian sesudah melalui proses panjang dan diam-diam, terima kasih ke Pak Menkumham bekerja dalam senyap tidak ada yang tahu, tidak ada yang dengar karena memang harus kerja hati-hati. Pak Menkumham selama setahun itu lagi komunikasi dengan Pemerintah Serbia akhirnya tadi malam diserahkan secara resmi. melalui proses kerja sama hukum.”

Maria Pauline Lumowa merupakan salah satu tersangka pelaku pembobolan kas bank BNI cabang Kebayoran Baru lewat Letter of Credit (L/C) fiktif senilai Rp1,7 triliun pada 2003. Beberapa tersangka lainnya telah didakwa dan menjalani hukuman.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini