PKB-Demokrat Jalin Koalisi di 30 Pilkada Serentak 2020

Abdul Rochim, Koran SI · Rabu 08 Juli 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 337 2243321 pkb-demokrat-jalin-koalisi-di-30-pilkada-serentak-2020-HKD3FbrtJJ.jpg Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: Abdul Rochim)

JAKARTA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 pada 9 Desember mendatang, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat (PD). Hingga saat ini, sedikitnya ada 30 daerah yang sudah dipastikan kedua partai mengusung pasangan calon yang sama.

”Tadi dihitung sudah 30-an (daerah) dengan Demokrat,” ujar Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami atau Cak Imin) di sela menerima kunjungan Ketua Umum DPP PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: AHY Temui Cak Imin di Kantor PKB Bahas Pilkada 

Angka tersebut masih sangat mungkin bertambah karena hingga saat ini, dari 270 kabupaten/kota dan provinsi yang akan menggelar pilkada tahun ini, PKB sendiri baru mengeluarkan rekomendasi untuk 80 pasangan calon. Sayangnya, Gus Ami tidak mau merinci daerah mana saja koalisi PKB-PD dalam Pilkada serentak 2020 nanti.

Selain soal pilkada, dalam pertemuan tersebut juga dibahas berbagai isu lainnya seperti tantangan pandemi Covid-19, ekonomi nasional yang semakin berat menghadapi ancaman krisis. Juga soal koalisi kedua partai politik dalam isu-isu di parlemen.

”Kita berharap produktif lagi mengabdi dan menghasilkan produk-produk DPR yang dibutuhkan masyarakat. DPR yang mampu menghasilkan keputusan baik APBN, undang-undang, dan sistem pengawasan yang membantu masyarakat mengatasi jangka pendek pandemi Covid-19, dan jangka panjang ekonomi nasional secara menyeluruh. Moga-moga kebersamaan Demokrat dan PKB selalu terjaga dengan baik,” kata Gus Ami.

Sementara itu, AHY mengatakan, PD dan PKB ada banyak kesamaan dan keselarasan dalam melihat Indonesia secara utuh. Salah satunya dalam bidang politik, kedua partai ingin mewujudkan politik yang berkeadaban dan juga menyatukan.

“Mudah-mudahanan melalui ajang Pilkada Serentak 2020 ini kebersamaan di sejumlah daerah bisa jadi awal yang baik untuk semakin dekatnya dua partai ini,” tuturnya.

Terkait koalisi di pilkada ini, AHY mengatakan bahwa ke depan akan terus dibahas lebih dalam, tidak hanya di 30 daerah, tapi akan lebih banyak lain. ”Sejauh ini sudah ada yang dibahas, tapi masih ada yang akan terus dibahas,” tuturnya.

Baca Juga: Simulasi Pilkada 2020, KPU Akan Libatkan Masyarakat 

AHY datang ke Kantor DPP PKB didampingi sejumlah elite PD antara lain Sekjen DPP Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum Renville Antonio, anggota Fraksi PD DPR Herman Khaeron, dan Kepala Bappilu Andi Arif.

Mereka disambut Cak Imin bersama sejumlah elite PKB antara lain Sekjen DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, Ketua Desk Pilkada Faisol Reza, Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal, Ketua Komisi X DPR dari Fraksi PKB Syaiful Huda, dan Ketua DPP Ahmad Iman.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini