Disinggung MPR Soal RUU HIP, Ini Respon Presiden Jokowi

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 08 Juli 2020 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 337 2243108 disinggung-mpr-soal-ruu-hip-ini-respon-presiden-jokowi-qAOeye71lD.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: MNC Media)

JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku sempat menyinggung soal sikap pemerintah terkait RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seperti diketahui pagi ini pimpinan MPR melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor.

“Kami banyak membahas berbagai hal. Termasuk perkembangan kekinian yang hangat dibahas di tengah-tengah masyarakat, yang menjadi diskursus masyarakat. Misalnya tadi kita sempat menyinggung soal RUU HIP,” kata Bamsoet, Rabu (8/7/2020)

Dia mengatakan, bahwa MPR menanyakan posisi pemerintah terkait rancangan regulasi tersebut. Bamsoet mengatakan, Presiden Jokowi merespon dengan tegas bahwa pemerintah masih melakukan kajian.

“Secara tegas presiden menyampaikan bahwa sampai saat ini pemerintah masih melakukan kajian, berdasarkan masukan-masukan masyarakat dan meminta Pak Menkopolhukam untuk melaksanakan hal itu,” ungkapnya.

 Pancasila

Menurutnya, pada kesempatan itu Presiden Jokowi menekankan bahwa pentingnya menjaga Pancasila sampai kapanpun.

“Beliau pesankan dan ingatkan pada kami, bahwa bicara soal ideologi ini adalah bicara tentang bagaimana kita menjaga Pancasila sampai kapan pun,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bamsoet mengatakan, setelah mendapatkan jawaban pemerintah maka tugas MPR menjelaskan kepada rakyat.

“Karena tugas MPR seharusnya menjadi mesin pendingin. Yang mendinginkan situasi, menjaga situasi politik tetap kondusif di tengah situasi yang tidak normal ini,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini