BW Pertanyakan Alasan Rapat DPR Digelar di Gedung KPK

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 08 Juli 2020 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 337 2243096 bw-pertanyakan-rapat-dpr-digelar-di-gedung-kpk-MnCbCMppv6.jpg Bambang Widjojanto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto (BW) turut mengomentari rapat tertutup yang dilakukan DPR di Gedung Merah Putih KPK, pada Selasa 7 Juli 2020 kemarin. Menurutnya, tindakan rapat tertutup itu potensial dikualifikasi telah melanggar prinsip penting di dalam UU KPK yang melanggar azas keterbukaan.

"Jika tindakan itu nekad dilakukan maka harus ada alasan yang sangat kuat yang harus dijelaskan secara terbuka kenapa harus dilakukan secara tertutup. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi fraud dan konflik kepentingan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga: Komisi III Minta KPK Tindak Tegas Koruptor di Tengah Krisis Akibat Pandemi

BW sapaan akrabnya, digelarnya rapat tertutup semakin memberikan fakta yang menjelaskan perbedaan yang sangat fundamental antara Pimpinan KPK saat ini dengan banyak periode kepemimpinan KPK sebelumnya yang nyaris menabukan rapat tertutup seperti ini.

"Pertemuan secara tertutup bukan hanya menimbulkan tudingan miring saja tapi pertanyaan di publik, apakah rezim KPK saat ini tengah bersekutu dan dibayangi kuasa kegelapan?," katanya.

BW mengharapkan agar KPK di bawah kepemimpinan Firli Cs menghentikan segala tindakan yang potensial dituduh sebagai "bersenda gurau" karena akan bisa kian menggerus kepercayaan publik pada lembaga KPK.

"Menyadari dan insyaf pada amanah yang berat yang harus ditanggung Pimpinan KPK, jauh lebih bermakna bagi upaya pemberantasan korupsi," pungkasnya.

Baca Juga: Pimpinan KPK Akui Komisi III DPR Korek Kasus saat Rapat Tertutup

Sebelumnya, Komisi III DPR mengungkapkan alasan pihaknya menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK, yakni karena ingin melihat kondisi Gedung hingga ruang tahanan KPK.

"Agenda hari ini adalah Komisi III melakukan kunjungan ke KPK sekaligus rapat pengawasan di gedung KPK. Pertama-tama karena ini gedung baru, kami di periode yang sekarang belum pernah melihat kondisi gedung seperti apa, fasilitas seperti apa, kemudian ruang tahanan seperti apa," ujar Ketua Komisi III DPR, Herman Hery di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa 7 Juli 2020.

Herman mengungkapkan, tujuan lainnya pihaknya menyambangi KPK yakni untuk menguatkan kedua hubungan antar DPR dalam hal ini Komisi III dengan KPK.

"Kedua, tujuan dari rapat ini adalah bagaimana kemitraan antara Komisi III dan KPK untuk saling bergandengan tangan menguatkan lembaga KPK dalam urusan pemberantasan korupsi," jelasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini