Share

Simulasi Pilkada 2020, KPU Akan Libatkan Masyarakat

Felldy Utama, iNews · Rabu 08 Juli 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 337 2243079 simulasi-pilkada-2020-kpu-akan-libatkan-masyarakat-NmqiIr1eIv.jpg Ketua KPU RI, Arief Budiman (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar simulasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, di tengah pandemi Covid-19 pada akhir bulan Juli ini. Direncanakan, dalam kegiatan tersebut juga akan melibatkan publik secara langsung.

Ketua KPU Arief Budiman memastikan, bahwa simulasi penyelenggaraan Pilkada 2020 akan tetap digelar pada bulan Juli ini. Dia mengakui ada mundurnya waktu pelaksanaan dari rencana sebelumnya.

"Ya kita bikin tanggal 22 (Juli), rencananya tanggal 22," kata Arief kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

 Baca juga: Draf PKPU Protokol Kesehatan Pilkada 2020 Sudah Dikirim ke Kemenkumham

Mantan Anggota KPU Jawa Timur ini berharap, simulasi Pilkada 2020 ini bisa diketahui oleh masyarakat tentang bagaimana tahapan-tahapan pemilihan hingga hal-hal yang perlu diperhatikan guna terhindar dari penularan virus Covid-19.

Oleh karena itu, ia berharap dalam pelaksanaan simulasi Pilkada 2020 ini, KPU berencana akan juga melibatkan masyarakat di dalam pergaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Saya minta ada publik yang juga jadi pemilih, maunya gitu," ujarnya.

 Baca juga: KPU Minta Anggaran Pilkada 2020 Tahap Kedua Cair Agustus

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali akan melanjutkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar pada 9 Desember mendatang. Salah satunya, akan menggelar simulasi pelaksanaan Pilkada yang rencananya digelar pada awal Bulan Juli mendatang.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, persiapan ini penting dilakukan. Ia menyebut bahwa Pilkada kali ini memiliki tata cara, protokol yang baru di dalam pelaksanaannya. Hal itu lantaran Indonesia tengah dihadapkan dengan virus Covid-19.

"KPU juga merencanakan akan melakukan simulasi. Simulasi direncanakan akan dilaksanakan pada awal Bulan Juli," kata Arief dalam jumpa persnya, di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Jumat (12/6/2020).

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini