Virus Corona Bersifat Dinamis, Gugus Tugas: Jangan Lengah dan Tetap Waspada

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 07 Juli 2020 13:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 337 2242445 virus-corona-bersifat-dinamis-gugus-tugas-jangan-lengah-dan-tetap-waspada-2eLouCO92V.jpg Dewi Nur Aisyah (Foto: BNPB)

JAKARTA - Anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengingatkan masyarakat virus corona atau Covid-19 bersifat dinamis.

“Saya ingin mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Covid-19 adalah sebuah penyakit yang bersifat sangat dinamis,” ungkapnya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Tercatat, perkembangan zonasi risiko Covid-19 per tanggal 5 Juli 2020 sebanyak 38 kabupaten/kota dari risiko rendah, naik menjadi risiko sedang. Kemudian, terdapat 36 kabupaten/kota dari risiko sedang turun menjadi risiko rendah.

Sementara, ada 17 kabupaten kota dari risiko tinggi turun menjadi risiko sedang. Dan ada 10 kabupaten kota yang berhasil merubah dari zona risiko rendah masuk ke dalam zona hijau yaitu tidak ada kasus baru.

Dewi mengatakan, saat ini pergerakan kasus Covid-19 baik yang positif, ODP dan PDP, terkonfirmasi sembuh begitu cepat. “Kita dapat melihat pergerakan yang begitu cepat kasus positif berubah menjadi sembuh. Kemudian orang yang sebelumnya ODP, PDP kemudian terkonfirmasi menjadi positif,” katanya.

Baca Juga : Analis Keamanan dan Pakar ISIS Terkemuka Ditembak Mati di Baghdad

Baca Juga : Sebanyak 61 Kabupaten/Kota Tidak Terdampak Covid-19

Bahkan, sebuah daerah dengan cepat juga terjadi perubahan dari zona risiko tinggi turun menjadi sedang, atau dari rendah naik menjadi sedang, dan lain sebagainya. “Itu semua dikarenakan Covid-19 adalah sebuah penyakit yang sangat dinamis yang dapat berubah dari satu kotak ke kotak yang lain,” jelas Dewi.

“Oleh sebab itu saya ingin mengingatkan kepada kita semua agar jangan lengah dan tetap waspada. Dengan cara apa? Dengan cara kita tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di manapun berada, kapan saja untuk menjaga diri kita, keluarga dan orang-orang di sekitar kita,” kata Dewi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini