Upacara HUT Kemerdekaan 17 Agustus Akan Digelar dengan Peserta Terbatas

Dita Angga R, Sindonews · Senin 06 Juli 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 337 2241881 upacara-hut-kemerdekaan-17-agustus-akan-digelar-dengan-jumlah-terbatas-kMeTeIRdsY.jpg Mensesneg Pratikno (Foto: Sindo)

JAKARTA - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan upacara Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus tetap akan digelar seperti biasa. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, upacara yang digelar setiap tahun di Istana Merdeka, Jakarta tersebut dilaksanakan dengan jumlah terbatas.

“Kaitannya juga dengan upacara 17 Agustus di Istana Merdeka, kami sampaikan bahwa upacara tentu saja tetap dilaksanakan secara khidmat. Tetapi dengan peserta yang terbatas,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Perayaan HUT Ke-75 RI Akan Digelar Sederhana dengan Protokol Kesehatan 

Dia mengatakan, semua komponen dipastikan akan tetap ada dalam prosesi tahunan itu. Namun, sesuai dengan protokol kesehatan maka dari itu jumlahnya dibatasi.

“Semua komponen yang terlibat dalam upacara hadir di situ. Termasuk paskibraka akan hadir tapi dengan jumlah terbatas,” ungkapnya.

Seperti diketahui, setiap upacara 17 Agustus digelar dua kali yakni upacara detik-detik proklamasi di pagi hari dan penurunan bendera pada sore hari. Di mana, upacara biasanya akan dihadiri oleh tamu undangan yang berasal dari negara sahabat, pejabat negara hingga masyarakat umum. Bahkan, dalam waktu beberapa tahun terakhir, upacara 17 Agustus digelar dengan menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Perayaan HUT Ke-75 RI Batal Diadakan Besar-besaran

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini