Perayaan HUT Ke-75 RI Akan Digelar Sederhana dengan Protokol Kesehatan

Dita Angga R, Sindonews · Senin 06 Juli 2020 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 337 2241837 perayaan-hut-ke-75-ri-akan-digelar-sederhana-dengan-protokol-kesehatan-lmQ2lGU3db.jpg Mensesneg Pratikno (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menyatakan bahwa perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 tidak akan dirayakan secara besar-besaran. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno berharap bahwa HUT RI dapat berlangsung secara khidmat.

Perayaan ini menurutnya sebagai bentuk syukur bahwa Indonesia telah menjadi negara besar yang kokoh secara ekonomi, sosial, politik dan kebudayaan hingga saat ini.

“Kita lakukan secara sederhana dengan kemeriahan tetap, dengan antusiasme masyarakat yang tinggi tetap juga, dengan kreativitas dan inovasi juga tetap. Hanya saja sesuai dengan protokol kesehatan yang aman dari Covid-19,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Pandemi Covid-19, Perayaan HUT Ke-75 RI Batal Diadakan Besar-besaran 

Dia mengatakan, bahwa banyak aktivitas dilakukan secara virtual. Di mana, suasana kemeriahan HUT ke-75 RI sudah dimulai sejak tanggal 1 Juli lalu.

“1 Juli 2020 suasana HUT ke-75 RI sudah mulai terasa, kami mengajak pemasangan logo dan tema HUT RI mulai muncul di jalan-jalan, di tempat-tempat umum, di sarana prasarana transportasi dan lain-lain. Di TV-TV. Kami sangat berharap partisipasi dari semua pihak. Di media sosial juga begitu. Itu kita mulai tanggal 1 Juli. Jadi, kita sudah mulai rasakan itu,” tuturnya.

Kemudian, pada 1 Agustus mendatang akan memasuki bulan Kemerdekaan. Di mana, kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada bulan Juli akan terus dilanjutkan.

“Masih nanti ditambah dengan kita mulai meriahkan dengan pemasangan bendera merah putih di mana-mana. Di jalan-jalan protokol, di tempat umum dan lain. Transportasi publik, di kantor-kantor,” ungkapnya.

Baca Juga: Sebut Kinerja Kabinet Membaik, Pratikno: Ngapain Di-reshuflle 

Pratikno juga memastikan bahwa sebagaimana bulan kemerdekaan di tahun-tahun sebelumnya, pada HUT ke-75 RI juga akan diisi dengan acara yang penuh kreativitas. Termasuk juga acara dengan penuh kebersamaan dan partisipasi masyarakat.

“Tetapi sekali lagi sesuai dengan protokol kesehatan yang aman Covid. Artinya, banyak aktivitas yang sifatnya virtual. Lomba-lomba partisipasi masyarakat di desa-desa, di kampung-kampung di seluruh Indonesia tetap meriah dengan protokol kesehatan yang aman Covid,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini