Pandemi Covid-19, Perayaan HUT Ke-75 RI Batal Diadakan Besar-besaran

Dita Angga R, Sindonews · Senin 06 Juli 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 337 2241824 pandemi-covid-19-perayaan-hut-ke-75-ri-batal-diadakan-besar-besaran-9APKGBLP5v.jpg Mensesneg Pratikno (Foto: Setneg)

JAKARTA - Sejak akhir November tahun lalu pemerintah sudah merencanakan untuk menggelar perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 secara besar-besaran. Menurut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, rencana tersebut permintaan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pada akhir tahun yang lalu bapak presiden memanggil kami, saya dan pak Menparekraf, bulan November, awal-awal kabinet untuk segera merancang peringatan HUT ke-75 RI ini secara besar-besaran. Menunjukan bahwa kita adalah negara besar yang kokoh ekonomi sosial politik,” kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Gelar Ratas Covid-19, Presiden Jokowi: Saya Minta Menteri Membuat Terobosan!

Dia mengaku sudah menyiapkan berbagai acara untuk memeriahkan HUT RI ke -75. Bahkan, dia menyebut rencananya pada peringatan kali ini juga akan melibatkan masyarakat internasional untuk melakukan pawai atau karnaval.

“Kita sudah memperoleh komitmen kehadiran belasan negara. Itu upayanya pak Menparekraf dan bu Menteri Luar Negeri. Jadi, sebetulnya HUT yang ke-75 rencananya kita lakukan secara besar-besaran lah. Kita negara besar tidak boleh kalah dengan yang lain,” ungkapnya.

Namun, adanya pandemi Covid-19 mengubah semua yang sudah direncanakan. Dia mengatakan pihaknya berusaha keras untuk menyesuaikan acara dengan kondisi yang ada saat ini.

“Tetapi adanya pandemi Covid mengubah semuanya. Mengubah semuanya. Kita harus kerja keras untuk menyesuaiakan acara-acara yang sudah kita persiapkan. Termasuk karnaval internasional juga kita batalkan,” pungkasnya.

Baca Juga: Anggaran Corona Rp695 Triliun, Presiden Jokowi: Bisa Lebih Besar Lagi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini