Cegah Pelibatan Anak, KPAI Awasi Apel Siaga Ganyang Komunis Siang Ini

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 05 Juli 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 337 2241430 cegah-pelibatan-anak-kpai-awasi-apel-siaga-ganyang-komunis-siang-ini-BYXvBHDc5r.jpg Anak-anak terkadang dilibatkan dalam aksi demonstrasi. (Foto: Arif/Okezone)

JAKARTA – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan mengawasi aksi massa bertajuk ‘Apel Siaga Ganyang Komunis’ yang diselenggarakan di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Minggu (5/7/2020). Pengawasan dilakukan untuk mencegah terjadinya dugaan pelibatan anak.

“Untuk itu hari ini tim KPAI akan melakukan pengawasan langsung aksi massa ganyang komunis dengan dugaan anak terlibat atau dilibatkan dalam apel akbar siang jam 13.00 di Lapangan Ahmad Yani Kebayoran Jakarta Selatan,” ucap Komisioner KPAI, Jasra Putra melalui keterangan pers yang diterima Okezone.

Menurut Jasra, pelibatan anak dalam setiap kegiatan aksi massa atau kampanye politik harus dicegah sejak dini agar anak tidak terus terpapar oleh kekerasan dan menjadi martir bahkan korban yang sia-sia.

“Bahwa anak-anak yang terus terpapar aksi aksi unjuk rasa, pernyataan sikap politik, di mana anak-anak tidak siap, tidak mengerti substansinya dan konteksnya maka akan lahirlah kekerasan baru, ujaran kebencian baru,” terang Jasra.

Sebagaimana diketahui, Persaudaraan Alumni (PA) 212, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama dan ormas lainnya akan menggelar Apel Siaga Ganyang Komunis di Lapangan Ahmad Yani, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Namun demikian, Polda Metro Jaya tidak akan menerbitkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) aksi tersebut. Tetapi polisi tetap akan menerjunkan personel untuk melakukan pengamanan.

Polisi juga akan menyiapkan skenario pengalihan arus yang akan diberlakukan secara situasional atau saat terjadi kepadatan kendaraan.

"Kalau kita pemberitahuan, pemberitahuannya sudah ada, tapi kita tidak mengeluarkan STTP, tapi kita siapkan pengamanan," ujarnya dikutip iNews Jakarta, Sabtu 4 Juli 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini