Presiden Jokowi: Kuliah Daring Telah Menjadi New Normal, Bahkan Next Normal

Puteranegara Batubara, Okezone · Sabtu 04 Juli 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 337 2241066 presiden-jokowi-kuliah-daring-telah-menjadi-new-normal-bahkan-next-normal-wCt1JhxjuW.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa, perkuliahan secara daring saat ini telah menjadi kebutuhan di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. Tatap muka secara virtual telah menjadi New Normal dalam mengenyam bangku pendidikan di Perguruan Tinggi (PT).

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya dalam acara Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) virtual tahun 2020, Sabtu (4/7/2020).

"Kuliah daring yang selama ini sangat lamban sekarang sangat-sangat berkembang. Kuliah daring telah menjadi New Normal bahkan Next Normal," kata Jokowi.

Baca Juga: Beri Pidato di ITB, Jokowi Pamer Indonesia Sudah Naik Kelas Jadi Negara Menengah ke Atas

Jokowi menyebut, keadaan krisis di masa pandemi virus SARS-CoV-2 telah memaksa seluruh lini termasuk dunia pendidikan untuk terus berkembangan dengan beradaptasi sesuai kenyataan yang ada.

"Pandemi covid telah memberikan pelajaran berharga bagi kita. kirisis telah memaksa mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar kebaikan dan kepantasan yang baru," ujar Jokowi.

Dengan melihat kondisi dewasa ini, Jokowi meyakini bahwa Forum Rektor Indonesia mampu memberikan pemikiran, inovasi dan strategi baru dalam menghadapi pandemi Covid-19 agar mahasiswa yang notabenenya sebagai generasi penerus dan pelurus bangsa bisa terus produktif.

"Dan saya yakin akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," tutup Jokowi.

Baca Juga: 4 Pesan Presiden Jokowi untuk Rektor saat Konferensi FRI 2020

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini