Baleg DPR Sepakat RUU Perlindungan PRT Jadi Usul Inisiatif

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 18:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 337 2239661 baleg-dpr-sepakat-ruu-perlindungan-prt-jadi-usul-inisiatif-ZKrgF4xo4V.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT), menjadi usul inisiatif dari mereka.

“Kita meminta persetujuan dari rapat baleg ini, RUU ini menjadi usul inisiatif baleg, menyetujui dengan memberikan penyempurnaan yang diberikan oleh fraksi. Apakah usulan ini dapat disetujui?,” kata Wakil Ketua Baleg, Achmad Baidowi dalam rapat Baleg di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

“Setuju,” jawab Anggota baleg.

 DPR

Berdasarkan pandangan fraksi dalam rapat Baleg, ada tujuh fraksi yang menyetujui RUU Perlindungan PRT menjadi usul baleg dan akan dibawa ke rapat paripurna dengan sejumlah catatan.

“Nanti catatan-catatan yang disampaikan oleh fraksi-fraksi yang setuju tadi, untuk disampaikan kepada seketarian Baleg dan itu menjadi bagian tidak terpisahkan dari yang disampaikan dalam kesempatan ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panja RUU Perlindungan PRT, Willy Aditya mengatakan setelah disepakati oleh rapat Pleno Baleg, RUU tersebut akan dibahas di tingkat paripurna untuk kemudian diserahkan drafnya pada pihak pemerintah, jika disepakati.

Selanjutnya, sambung dia, pemerintah akan mengirimkan daftar inventarisasi masalah (DIM) dan surat presiden (surpres) untuk kepada DPR untuk memulai pembahasan.

"Setelah surpres turun, akan dirapatkan di Badan Musyawarah dibahas di AKD mana," papar Willy.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini